UNISMUH.AC.ID, GOWA– Setiap tahun, sekitar 40 persen alumni SMA Muhammadiyah Limbung melanjutkan studi di Unismuh Makassar. Hal ini diungkapkan oleh Kepala SMA Muhammadiyah Limbung, Silvyani Djafar S.Pd, M.Pd, saat ditemui di sekolahnya pada pertengahan Juli 2024.

Silvyani menjelaskan, sejak sekolah ini berdiri pada 4 April 1984, banyak alumninya yang sukses berkarier di instansi pemerintah dan swasta. Tahun ajaran 2024, sebanyak 108 siswa dinyatakan lulus ujian, terdiri dari 57 siswa jurusan IPA (24 laki-laki dan 33 perempuan) serta 51 siswa jurusan IPS (31 laki-laki dan 20 perempuan).

Pada tahun ajaran 2024, SMA Muhammadiyah Limbung berencana menerima siswa baru. Saat ini, terdapat 128 siswa baru yang telah bergabung. Untuk menampung mereka, rencananya akan dibuka enam kelas dengan masing-masing berisi 35 siswa. Namun, masih terdapat kekosongan untuk tiga kelas lagi yang berpotensi diisi sekitar 108 siswa. Target kuota untuk enam kelas adalah 210 siswa, dengan harapan setiap kelas dapat terisi penuh.

Sekolah ini memiliki 38 guru, dua di antaranya merupakan guru PNS, sementara sisanya adalah guru tetap dan honorer. Tujuh guru telah memperoleh sertifikat pendidik. Para guru di sekolah ini memiliki jenjang pendidikan beragam, dari S1 hingga S2. Sebagian besar guru adalah alumni Unismuh Makassar dari program studi Pendidikan Agama Islam (PAI), FKIP. Sekolah ini juga telah meraih berbagai prestasi, salah satunya adalah piala bergilir putri dalam kegiatan penghela yang diselenggarakan oleh Unismuh Makassar.

Sekolah juga memiliki dua guru penggerak, di mana salah satunya telah menjadi guru praktik. Dari 10 guru yang lulus seleksi ASN, semuanya ditempatkan di sekolah negeri. Sekolah ini terus mendorong agar semua guru meningkatkan pengetahuan dan kompetensi mereka melalui pendidikan. Beberapa guru telah mengikuti pendidikan lanjutan, seperti program magister di Unismuh Makassar, UMM, dan UNM.

Silvyani Djafar, yang merupakan magister pendidikan matematika dari Pascasarjana UNM, telah menjabat sebagai kepala sekolah sejak April 2017 hingga April 2025. Selama dua periode pengabdiannya, ia memimpin sekolah dengan baik dan berkomitmen meningkatkan mutu pendidikan. Selain itu, ia juga menjabat sebagai Sekretaris MPK PD Aisyiyah Gowa periode 2015-2023.

Laporan: Suci Reskhiani, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip Unismuh Makassar

Leave a Reply