UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar mengadakan kuliah tamu bertema “Sehatkan Mental dengan Dzikrullah” pada Kamis (29/5). Kegiatan yang digelar di Masjid Subulussalam Al Khoory Unismuh Makassar ini menghadirkan Ahmad Yasser Mansyur, SAg, SPsi, MSi, PhD, Dosen Fakultas Psikologi UNM, sebagai pembicara.

Fokus utama kuliah tamu ini adalah pentingnya kajian konseling berbasis Islam dalam dunia pendidikan.

Ahmad Yasser Mansyur menekankan peran dzikrullah dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan mental, seperti stres akademik dan kelelahan belajar.

Dzikirullah, katanya, juga dipandang sebagai teknik komprehensif dalam pengelolaan emosi peserta didik serta pencegahan perilaku menyimpang seperti bullying.

“Dzikirullah memiliki peran penting sebagai pendekatan promotif, preventif, dan kuratif dalam menciptakan school-well being. Sekolah yang sehat adalah lingkungan di mana siswa merasa bahagia, puas, memiliki tingkat stres rendah, kualitas hidup baik, serta kesehatan fisik dan mental yang optimal,” ujar Yasser.

Wakil Dekan I FAI Unismuh Makassar, Dr. M. Ilham Muchtar, LC., MA, mengapresiasi inisiatif Prodi BKPI dalam menyelenggarakan kuliah tamu ini. Ia menggarisbawahi relevansi tema yang diangkat, mengingat banyaknya permasalahan mental yang dihadapi individu saat ini.

“Kuliah tamu dengan tema ‘Sehatkan Mental dengan Dzikrullah’ diharapkan dapat memberikan solusi bagi berbagai permasalahan tersebut,” kata Ilham.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Ketua Prodi BKPI Alamsyah, SPdi, MH., dosen Prodi BKPI, Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Arab Nur Fadilah Amin, SPdi, MPdi, serta Ketua Konsersium Pesmadina Unismuh Makassar Sitti Chaerani Djaya MPd.

Leave a Reply