UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar meraih prestasi membanggakan dengan berhasil mengantongi Akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Keputusan itu tertuang dalam SK No 3726/SK/BAN-PT/AK.KP/S/IV/2024. Prodi tersebut sebelumnya sudah terakreditasi A. Predikat unggul diperoleh melalui mekanisme Instrumen Suplemen Konversi (ISK)

Informasi tersebut disampaikan Wakil Rektor II Unismuh Prof Andi Sukri Syamsuri, dengan mengunggah capture laman BAN PT, di Grup What’s App Unismuh Makassar, Selasa, 16 April 2024.

“Alhamdulillah, hadiah lebaran, selamat Prodi Agribisnis Unismuh raih akreditasi Unggul,” ungkap Prof Andis, sapaan akrab Warek II Unismuh Makassar itu.

Proses Pencapaian

Saat dikonfirmasi, Dr Nadir Ketua Prodi Agribisnis Unismuh, berbagi tentang proses panjang yang mereka lalui dengan ISK Peringkat Akreditasi.

“Kami sangat bersyukur atas capaian ini. Setelah tahun lalu gagal ISK, dan menunggu satu tahun, alhamdulillah terakreditasi Unggul,” ungkap Nadir.

Ia menjelaskan bahwa ISK diimplementasikan berdasarkan Permendikbud Nomor 5 Tahun 2020 dan Peraturan BAN-PT Nomor 1 Tahun 2020.
ISK merupakan instrumen tambahan yang digunakan untuk konversi peringkat akreditasi yang diperoleh dengan Instrumen Akreditasi 7 Standar menjadi peringkat akreditasi baru sesuai dengan Instrumen Akreditasi 9 Kriteria.

Terdapat empat instrumen kunci dalam ISK, yaitu instrumen dosen, instrumen kurikulum, instrumen penjaminan mutu internal, dan instrumen sistem pelacakan lulusan, jelas Nadir.

“Sekarang, Alhamdulillah, upaya kami telah membuahkan hasil sesuai harapan, yaitu Akreditasi Unggul. Tidak semua prodi yang melakukan pengusulan ISK dapat meraih pencapaian serupa,” ungkapnya.

Faktor pendukung keberhasilan ini meliputi dukungan penuh dari semua stakeholder, baik di tingkat universitas maupun fakultas, serta dukungan dari tenaga teknis profesional. Namun, perjalanan ini tidak lepas dari kendala.

Selain itu, banyak pihak yang berperan aktif dalam pencapaian ini, termasuk tim penginputan data, pimpinan prodi, Unit Penjaminan Mutu di tingkat universitas, fakultas, dan seluruh dosen.

Terakhir, Nadir berharap prestasi ini dapat memotivasi calon mahasiswa baru. “Kami tetap optimis untuk memajukan prodi dengan mempertahankan Akreditasi Unggul,” pungkasnya.

Dengan predikat Unggul yang diraih Prodi Agribisnis, saat ini Unismuh memiliki 14 Prodi yang telah terakreditasi Unggul, dan 8 Terakreditasi A. Selebihnya, sebagian besar telah terakreditasi Baik Sekali dan B.

Leave a Reply