UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Perwakilan mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Muhammadiyah Makassar berhasil menjadi finalis dalam olimpiade fisiologi kedokteran tingkat Internasional.

Kegiatan ini bertema Physiology Quiz in Japan (PQJ) diselenggarakan oleh Medical Faculty, Shimane University, Shimane, Jepang, 23 – 24 Maret 2024.

Mereka yang ikut dari FKIK Unismuh Makassar sebanyak 3 orang dan 1 orang dosen pendamping.

Ada Muhammad Risqullah Ammar, S.Ked, Aisyah Izzah Rabbani, Nur Nadilah Sari, hadir pula Dosen Pendamping dr. Dzar Fadli El Furqan.

PQJ ini merupakan olimpiade tahunan sejak tahun 2016 dan tahun ini menjadi Olimpiade On-Site pertama setelah Pandemi Covid-19 dan diikuti oleh Fakultas Kedokteran dari berbagai penjuru dunia.

“PQJ menjadi olimpiade Internasional bidang fisiologi yang pertama kali diikuti oleh Institusi kita, terlebih menjadi satu-satunya institusi yang berasal dari Indonesia,” tutur Muhammad Risqullah Ammar dalam laporannya, Kamis (28/3/2024).

Sebagai delegasi, Muhammad Risqullah Ammar menyampaikan rasa bangga dan bersyukurnya mengikuti kegiatan ini.

“Kami sangat bangga dan bersyukur bisa menjadi representatif hingga melaju menjadi Finalis. Walau belum menjadi juara, ini merupakan langkah awal baik untuk kedepannya dalam mengembangkan prestasi Internasional,” tambahnya.

“Semoga kedepan Unismuh khususnya FKIK Unismuh bisa bersinar di kancah global,” harapnya.

Disisi lain, dr. Dzar Fadli EL Furqan, selaku Dosen Pendamping juga merasa bangga dan terkesan atas pencapaian mahasiswanya.

“Alhamdulillah, walaupun ini pertama kalinya kami mengikuti olimpiade internasional, adik-adik mahasiswa kami mampu menjadi finalis,” kata dr. Fadli.

dr. Fadli berharap hasil ini menjadi pelajaran berharga dan motivasi lebih untuk mahasiswa kedokteran, khususnya dari FK Unismuh Makassar.

“Semoga kami bisa menjadi juara di olimpiade selanjutnya,” ungkap dr. Fadli

PQJ ini juga turut dihadiri oleh Professor Hiroko Kishi, MD,.Ph.D selaku Guru Besar Departemen Fisiologi Shimane University dan Fumihito Ono, MD,.Ph.D.

Leave a Reply