UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Prodi S3 Agribisnis Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar berhasil meraih akreditasi Baik dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Prestasi ini diraih dalam kurun waktu singkat setelah program studi tersebut resmi dibuka pada tahun 2023.

Wakil Rektor II Unismuh, Prof Andi Sukri Syamsuri, menyampaikan kabar gembira ini melalui Grup What’s App Unismuh Unggul pada Selasa, 26 Maret 2024. Akreditasi Baik ini tertuang dalam Surat Keputusan (SK) BAN PT nomor: 1022/SK/BAN-PT/Ak.P/D/ III/2024.

“Raihan akreditasi Baik ini merupakan bukti komitmen Unismuh dalam menghadirkan program studi S3 Agribisnis yang berkualitas dan berstandar nasional,” ujar Prof Andi Sukri.

Sebelumnya, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah memberikan izin pembukaan Prodi S3 Agribisnis Unismuh melalui surat nomor 5724/E1/HK.03.00/2023 tertanggal 9 Agustus 2023.

Dengan diraihnya akreditasi Baik ini, Prodi S3 Agribisnis Unismuh siap mencetak doktor-doktor unggul di bidang agribisnis yang mampu menjawab kebutuhan industri dan pembangunan nasional.

Syarat Akreditasi Minimun

Pencapaian akreditasi Baik S3 Agribisnis Unismuh didukung oleh pemenuhan beberapa syarat yang telah ditetapkan oleh BAN PT. Pertama, program tersebut harus memiliki minimal lima dosen homebase yang telah terekam di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti).

Kedua, Prodi tersebut wajib mengajukan permohonan akreditasi minimum kepada BAN PT melalui Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO), sambil mengunggah dokumen-dokumen yang diperlukan.

Selain itu, permohonan akreditasi ini harus diajukan dalam kurun waktu dua tahun sejak diterbitkannya Surat Keputusan (SK) izin operasional.

Langkah Selanjutnya

Ketua Prodi S3 Agribisnis Unismuh Prof Ratnawati Tahir menjelaskan bahwa Prodi S3 Agribisnis Unismuh akan terus berbenah dan meningkatkan kualitasnya untuk mencapai akreditasi Unggul.

“Kami akan terus meningkatkan kualitas dosen, kurikulum, dan penelitian agar Prodi S3 Agribisnis Unismuh menjadi program studi yang unggul dan mampu melahirkan doktor-doktor yang berkualitas dan berdaya saing,” tegasnya.

Leave a Reply