UNISMUH.AC.ID, Makassar – Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menegaskan posisinya sebagai perguruan tinggi terkemuka di Indonesia Timur dengan serangkaian pencapaian prestisius di berbagai bidang, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Berbagai capaian itu terungkap melalui Pidato Rektor Unismuh Prof Ambo Asse yang disampaikan dalam Wisuda ke-81 Unismuh Makassar, yang digelar di Balai Sidang Muktamar, Kampus Unismuh Makassar, Kamis, 7 Maret 2024. Wisuda ini diikuti 834 wisudawan dari tujuh fakultas dan program pascasarjana.

Prestasi terbaru, Unismuh meraih akreditasi institusi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Pencapaian ini meneguhkan posisi Unismuh sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Rektor Unismuh, Prof Ambo Asse menyampaikan bahwa pengakuan ini merupakan hasil dari kerja keras seluruh civitas akademika yang telah berkomitmen untuk meningkatkan standar pendidikan, penelitian, maupun pengabdian masyarakat.

Unismuh juga menunjukkan capaian prestasi pada akreditasi tingkat program studi. Sebanyak 21 Program Studi berhasil meraih Akreditasi Unggul dan A. Sementara itu, 19 prodi lainnya meraih Akreditasi Baik Sekali dan B. Lainnya, 13 Program Studi dengan Akreditasi Baik.

Ternyata capaian akreditasi bukan hanya pada level nasional, melainkan juga internasional. Prodi Sarjana Pendidikan Dokter dan Prodi Profesi Dokter telah terakreditasi internasional oleh ASIIN, lembaga akreditasi internasional yang berpusat di Jerman.

Pengakuan internasional juga diraih Komite Etik Penelitian Kesehatan (KEPK) Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) dengan mendapatkan pengakuan internasional dari SIDCER-FERCAP.

Selanjutnya, Unismuh menegaskan komitmennya terhadap standar internasional melalui pencapaian sertifikasi ISO 21001-2018 yang mencakup 59 Unit Kerja, 2 Badan, 4 Lembaga, 2 Biro, dan 1 Perpustakaan, serta melibatkan 7 Fakultas dengan total 43 Program Studi. Sertifikasi ini menandai komitmen Unismuh dalam menerapkan sistem manajemen pendidikan yang berstandar internasional.

Dalam pengembangan kewirausahaan, Unismuh Makassar mendapatkan kepercayaan dua tahun berturut-turut dari Kemdikbudristek, untuk mengelola program Wirausaha Merdeka. Tahun 2023, 550 peserta dari 26 perguruan tinggi se-Indonesia menjadi binaan Unismuh Makassar. Dua tahun sebelumnya, Unismuh membina 1006 mahasiswa dari 32 perguruan tinggi.

Unit kerja lainnya juga takkalah membanggakan, sebut saja Perpustakaan Unismuh meraih Akreditasi A, sementara Medical Center Unismuh juga meraih Akreditasi Paripurna. Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Unismuh setinggi 8 lantai di Jl Tun Abd Razak Kabupaten Gowa, juga telah mulai beroperasi.

Rektor Unismuh juga sempat menyinggung perkembangan Program Doktor pada PPs Unismuh Makassar. Saat ini Unismuh membina tiga Program Doktor, yakni Prodi S3 Pendidikan Agama Islam yang telah melahirkan 17 doktor, Prodi S3 Pendidikan, sudah dua angkatan mahasiswanya, beberapa mahasiswa dalam proses pembimbingan Disretasi, dan Prodi S3 Agribisnis, yang abru membina satu angkatan.

Namun Nakhoda Unismuh Prof Ambo Asse menyadari, bahwa berbagai capaian tersebut tidak lepas dari kolaborasi dan dukungan semua pihak.

“Saya menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada semua pihak yang turut berkerjasama dalam mengemban amanah pendidikan dan membangun kebersamaan dengan Unismuh Makassar dalam rangka membangun manusia Indonesia yang berintegritas tinggi dalam mendukung pembangunan dan kemajuan bangsa,” tutup Ambo Asse.

Leave a Reply