UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Setelah meraih akreditasi institusi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), Universitas Muhammadiyah terus mengembangkan inovasi dan terobosan. Salah satunya, dengan membuka jalur Fast Track.

Fast Track, yakni kuliah S1, namun pada semester 7 dan 8 dapat memprogramkan mata kuliah S2, sehingga hanya 5 tahun sudah bisa mendapatkan 2 ijazah (Sarjana dan Magister).

Program itu disampaikan Rektor Unismuh Prof Ambo Asse, saat Pidato dalam Wisuda ke-81 Unismuh Makassar, Kamis, 7 Maret 2024, di Balai Sidang Muktamar, Kampus Unismuh Makassar.

Syarat mengikuti program tersebut, mahasiswa semester 6 ber-IPK minimal 3,6 maka bisa ditawarkan Program Fast Track. Jadi pada saat semester 7 dan 8, sudah bisa mengikuti mata kuliah di program S2 di Unismuh Makassar.

“Jadi dalam 5 Tahun, bisa mendapatkan gelar S1 dan S2 di Unismuh Makassar,” pungkas Prof Ambo Asse.

Saat ini, ada Sembilan prodi S2. Kesembilan prodi tersebut yakni S2 Administrasi Publik, S2 Manajemen, S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, S2 Pendidikan Islam, S2 Pendidikan Dasar, S2 Pendidikan Bahasa Inggris, S2 Agribisnis, S2 Pendidikan Sosiologi, dan S2 Pendidikan Matematika.

Ajakan tersebut disampaikan Prof Ambo Asse di hadapan 834 wisudawan. Mereka yang berasal dari Fakultas Agama Islam (FAI), yakni 326 orang. Wisudawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) 64 orang, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) 91 orang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) 110 orang.

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dan Ilmu Politik (Fisipol) 94 orang, Fakultas Teknik (FT) 85 orang, Fakultas Pertanian 46 orang, Fakultas Agama Islam 328 orang serta Program Pascasarjana 18 orang.

Nakhoda Unismuh itu juga mengajak para wisudawan melanjutkan kuliah S2 dan S3 di Unismuh. “Kami siapkan subsidi khusus bagi para alumni Unismuh,” pungkas Ambo Asse.

Leave a Reply