UNISMUH.AC.ID, Makassar – Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar berkolaborasi dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sulsel menggelar deklarasi Kampus Sehat Islami Bersinar (Bersih Narkoba). Deklatasi dihelat dalam rangkaian Wisuda ke-81 Unismuh Makassar, di Balai Sidang Muktamar, Kampus Unismuh, pada Kamis, 7 Desember 2024.

Deklarasi ditandai dengan pemukulan gendang bersama Rektor Unismuh Prof Ambo Asse dan pihak BNN yang diwakili Koordinator P2M, Ishak Iskandar M Kes.

Dalam pengantar sebelum deklarasi, Ishak Iskandar dari BNN menyebut, Unismuh merupakan kampus yang paling responsif. “Baru kami audiensi dua hari lalu, Pak Rektor langsung minta deklarasi hari ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Rektor Unismuh Prof Ambo Asse menyebut, pihaknya sengaja meminta ada tambahan “Kampus Sehat Islami” sebelum “Bersih Narkoba”, karena Unismuh memang memiliki tata tertib yang terkait dengan hal itu.

Bahkan, lanjutnya, Unismuh telah meraih predikat sebagai Kampus Islami terbaik dari semua perguruan tinggi Muhammadiyah – Aisyiyah se Indonesia.

Selain deklarasi, Unismuh dan BNN juga menandatangani Memorandum of Understanding (MoU), sebagai wujud ikhtiar melawan narkoba.

Ikrar Deklarasi

Pembacaan ikrar deklarasi dipimpin wisudawan terbaik Unismuh, Izyam B, dari Prodi Ahwal Syakhsiyah FAI Unismuh, dengan diikuti oleh semua wisudawan yang berjumlah 834 orang.

Berikut naskah ikrar yang dibacakan:

Kami, civitas akademika Universitas Muhammadiyah Makassar, menyadari bahwa narkoba adalah perusak generasi bangsa. Oleh karena itu, kami berikrar:

  1. Menolak segala bentuk penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba;
  2. Menyatakan perang terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di manapun berada;
  3. Mendukung sepenuhnya kebijakan Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia dalam mencegah dan memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba serta berkomitmen untuk mewujudkan Indonesia Bersinar (Bersih Narkoba).

Leave a Reply