UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar berhasil meraih akreditasi Unggul.

Pengakuan akreditasi tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan Nomor SK: 203/SK/LAMDIK/Ak/S/lI/2024.

Ketua Prodi Pendidikan Fisika FKIP Unismuh, saat dihubungi Selasa, 5 Maret 2024, mengungkapkan bahwa kesuksesan ini tidak lepas dari kerja keras dan dedikasi tim akreditasi yang melibatkan berbagai pihak mulai dari alumni, dosen, mahasiswa, hingga pimpinan universitas. .

Proses penyusunan borang akreditasi yang dimulai sejak beberapa bulan lalu tersebut membutuhkan kerja sama yang solid antara semua elemen terkait.

Menurut Ma’ruf, salah satu pihak yang berperan sentral dalam pencapaian tersebut, yakni Dekan FKIP Unismuh Makassar, Erwin Akib PhD.

“Beliau aktif memberikan dukungan dan motivasi kepada tim akreditasi, tidak hanya secara administratif tetapi juga secara moral. Inisiatifnya mengadakan Lamdik Camp untuk evaluasi persiapan borang akreditasi menuju predikat unggul sangat menentukan dalam proses ini,” ujar Ma’ruf

Kerja keras tim akreditasi, lanjutnya, juga didukung penuh oleh Tim Penjaminan Mutu Prodi dan Badan Penjaminan Mutu (BPM) Universitas. Kontribusi mereka dalam penyediaan dan pengisian dokumen sangat kritis dalam memastikan semua standar dan kriteria terpenuhi dengan baik.

Puncak dari proses akreditasi adalah Asesmen Lapangan yang dilaksanakan oleh para asesor yang berkompeten di bidangnya, yaitu Prof. Dr. Sukarmin, Ph.D dari Universitas Sebelas Maret Surakarta dan Dr. Sahrul Saehana, M.Si dari Universitas Tadulako. Kegiatan penilaian ini berjalan dengan lancar dan menghasilkan evaluasi yang sangat positif.

“Seluruh proses akreditasi dipantau dan diawasi dengan ketat untuk memastikan bahwa semua persyaratan dan standar yang ditetapkan terpenuhi,” kata Ma’ruf

Capaian akreditasi Unggul ini, sambungnya, diharapkan dapat membuka lebih banyak peluang bagi mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika, baik dalam hal karir maupun penelitian.

“Dukungan dari alumni dan semua pihak yang terlibat juga menjadi faktor penting dalam keberhasilan ini. Mereka tidak hanya memberikan masukan dan saran, tapi juga menjadi bagian dari jaringan pendukung yang membantu mempromosikan dan meningkatkan standar pendidikan di prodi kami,” tambah Ma’ruf.

Ke depan, Prodi Pendidikan Fisika FKIP Unismuh Makassar berkomitmen untuk terus mempertahankan dan meningkatkan kualitas pendidikan dan layanan akademiknya. Capaian akreditasi Unggul ini dijadikan sebagai batu loncatan untuk terus berinovasi dan beradaptasi dengan kebutuhan pendidikan masa kini.

Predikat ini juga meningkatkan reputasi Unismuh Makassar sebagai lembaga pendidikan yang berkomitmen terhadap kualitas. Secara institusi, Unismuh telah meraih akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Dengan predikat Unggul yang diraih Pendidikan Fisika, saat ini ada 12 Prodi yang telah terakreditasi Unggul di Unismuh Makassar. Sementara di FKIP, Pendidikan Fisika merupakan Prodi kelima yang meraih predikat Unggul.

Leave a Reply