UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Observatorium Unismuh Makassar kedatangan mahasiswa dan mahasiswi dari Program Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah (PUTM), Sabtu 2 Maret 2024.

Kunjungan dan Pengajian berlangsung di Lantai 18 Gedung Menara Iqra’ tepatnya di Observatorium Unismuh Makassar. Sebanyak 70 orang mahasiswa dan mahasiswi Pendidikan Ulama Tarjih hadir mengikuti pengajian tersebut.

Kunjungan tersebut, dirangkaikan denga kajian keilmuan untuk menyambut bulan suci Ramadhan dengan mengusung tema “Kalender Hijriyah Global Tunggal (KHGT) dalam Perspektif Tarjih”.

Narasumber pada kajian tersebut adalah Hisbullah Salam, SPd, MH. selaku Pengelola Observatorium Unismuh Makassar.

Turut dalam kegiatan tersebut yakni Wakil Direktur Pendidikan Ulama Tarjih Unismuh Makassar KM Ahmad Nashir, SPd, MPd untuk memberikan sambutan.

Dalam pemamparan materinya, Hisbullah Salam, memberikan penegasan bahwa KHGT ini merupakan hutang peradaban umat islam yang sudah eksis 14 abad lamanya sementara belum memiliki sistem penandaan waktu yang dapat memberikan berbagai kemaslahatan baik aspek duniawi maupun ukhrawi.

“Kalender Hijriah Global Terpadu dari sudut pandang tarjih. Bagaimana menyatukan ummat Islam dengan kalender sebagai bentuk aktualisasi dari ayat Al-Maidah ayat 48 “Ummatan Wahidah” (Ummat yang satu),” ungkapnya.

Lebih tegas lagi Ia menyampaikan bahwa kegagalan umat Islam menyatukan kalender adalah sebuah Hutang Peradaban.

Leave a Reply