UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Prestasi membanggakan diraih dua mahasiswa Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar.

Dian Tanri Wulan dan Ikhwandi Chandra Nugraha baru saja mengikuti Global Goals Summit 2024 di Kuala Lumpur, Malaysia, 25-27 Januari 2024.

Dian merupakan mahasiswa Magister Pendidikan Bahasa Inggris Unismuh dan Ikhwandi dari Jurusan Pendidikan Dokter.

Acara ini diprakarsai oleh Tim Aksi Global dibawah Studec International dan Komite Nasional Korea UN-Habitat yang memfasilitasi para aktivis SDGs untuk berkumpul di forum global.

Global Goals Summit digelar sebagai forum dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, juga dikenal sebagai Tujuan Global yang sudah dilakukan oleh semua negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang direncakan tercapai pada tahun 2030.

Dalam kegiatan tersebut, para peserta dinobatkan sebagai Global Action Ambassador untuk menyebarkan semangat pencapaian SDGs di negara masing-masing.

Dian dan Ikhwan mengungkapkan rasa syukur dan bangga mereka atas terpilihnya menjadi delegasi dari Indonesia.

“Alhamdulillah, setelah melalui rangkaian seleksi, terpilih menjadi salah satu delegasi kehormatan Indonesia untuk mengikuti konferensi tingkat internasional ini,” ungkap Ikhwan.

Global Goals Summit 2024 diikuti oleh 150 peserta dari 20 negara.

Selain konferensi yang menghadirkan sejumlah pembicara internasional mengenai SDGs, juga digelar diskusi terbatas di mana peserta dibagi dalam sejumlah kelompok untuk membahas persoalan di suatu negara.

Di sini, para peserta dituntut berpikir kritis mengenai permasalahan dan solusinya.

Hasil diskusi kemudian dipresentasikan di hadapan seluruh delegasi.

Dian menambahkan, dalam konferensi ini delegasi dari berbagai negara mendiskusikan terkait permasalahan global dan negara masing-masing dan menawarkan solusi.

“Hingga akhirnya dapat didaulat sebagai Global Goals Youth Action Ambassador atau Duta Aksi Pemuda dalam SDGs, sebagai sosok penggerak yang dapat memberikan dampak dan manfaat,” tuturnya.

Para alumni Global Goals Youth Summit ini diharapkan saling bersinergi dalam mewujudkan tujuan global di negara masing-masing.

Leave a Reply