UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar Prof Ambo Asse menyampaikan terima kasih atas penunjukan Unismuh sebagai tuan rumah Seminar Nasional Sosialisasi Kalender Hijriah Global Tunggal.

Hal itu disampaikan Ambo Asse saat menyampaikan sambutan dalam pembukaan Seminar tersebut, di Hotel Aryaduta Makassar, Sabtu, 27 Januari 2024.

Ia menyebut, Unismuh kerap jadi tuan rumah kegiatan Muhammadiyah, baik kegiatan Pimpinan Pusat maupun tingkat wilayah. “Alhamdulillah, salah satu berkahnya, Unismuh baru saja meraih akreditasi Unggul dari BAN PT,” ujarnya.

Terkait dengan kalender hijriyah global, Ambo Asse menyebut, telah merekomendasikan sistem penanggalan global dalam tesis maupun disertasinya pada 2007.

Sementara itu, Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Dr Hamim Ilyas menyebut, penerapan kalender Hijriyah tunggal global, bakal diberlakukan Muhammadiyah mulai 1 Syawal 1446 H.

Sebenarnya inisiatif Itu, kata Hamim, telah dibahas dalam Muktamar ke-47 dan 48, bahkan telah mendapatkan dukungan internasional, memperkuat tekad Muhammadiyah untuk melaksanakannya.

Hamim Ilyas menjelaskan bahwa KHGT bukan hanya keputusan organisasi, tetapi juga bagian dari ajaran agama, sebagaimana termaktub dalam Risalah Islam Berkemajuan. Ia menambahkan bahwa KHGT akan menjadi topik utama dalam Musyawarah Nasional Tarjih pada Februari 2024. Mulai 1 Muharram 1446, Muhammadiyah akan resmi menggunakan KHGT, meninggalkan metode hisab wujudul hilal.

Sebagai upaya sosialisasi, Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengadakan seminar di berbagai Perguruan Tinggi Muhammadiyah-‘Aisyiyah (PTMA) untuk mendalami topik ini.

Unismuh Makassar menjadi tuan rumah seminar untuk sesi keempat, pada 27 – 28 Januari 2024.
Seminar ini dibuka oleh Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Syamsul Anwar.

Seminar ini dihadiri oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah dan PTMA se Indonesia Timur, dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah se Sulsel.

Leave a Reply