UNISMUH.AC.ID MAKASSAR– Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar ditunjuk sebagai tuan rumah Seminar Nasional tentang Sosialisasi Kalender Hijriah Global Tunggal. Seminar ini merupakan kolaborasi antara Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah dengan Universitas Muhammadiyah Makassar.

Acara itu bakal dilaksanakan pada Sabtu – Ahad, 27-28 Januari 2024 di Hotel Aryaduta, Makassar

Hal itu diungkapkan Ketua Panitia, yang merupakan Wakil Rektor IV Unismuh Makassar Dr Mawardi Pewangi, di Kampus Unismuh, Jl Sultan Alauddin, 26 Januari 2024.

Mawardi menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk menyosialisasikan konsep Kalender Hijriah Global Tunggal dan menguatkan pemahaman mengenai hal itu di kalangan warga Muhammadiyah serta masyarakat umum.

Seminar itu, lanjutnya, akan menghadirkan berbagai narasumber ahli dan membahas topik terkait hisab, konsep KHGT, dan implikasinya.

Dalam seminar ini, akan dihadirkan sejumlah narasumber yang ahli di bidangnya. Mereka adalah Prof Syamsul Anwar, Dr Hamim Ilyas, Prof Susiknan Azhari, Prof Tono Saksono, dan Prof Agus Purwanto. Pemateri lainnya, Dr Arwin Juli Rakhmadi Butar-Butar, Rahmadi Wibowo Suwarno, dan Dr Oman Fathurohman.

Mereka akan membahas berbagai topik mulai dari dasar-dasar organisasi, konsep, hingga aspek historis dan syar’i dari Kalender Hijriah Global Tunggal.

Seminar ini bakal diikuti pengurus Majelis Tarjih Pimpinan Wilayah Muhammadiyah dan Perguruan Tinggi Muhammadiyah se Indonesia Timur. Selain itu, Pimpinan Daerah Muhammadiyah se Sulsel juga diundang menghadiri seminar tersebut.

Bahkan organisasi Islam lainnya, seperti MUI dan NU juga diundang hadir

“Seminar ini diharapkan tidak hanya menjadi forum diskusi akademis yang produktif, tetapi juga sebagai langkah penting dalam menyosialisasikan Kalender Hijriah Global Tunggal ke masyarakat luas,” pungkas Mawardi.

Leave a Reply