UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar kembali menggelar pengajian bulanan untuk periode Tahun 2024. Pengajian pertama pada bulan Januari dilaksanakan pada Kamis, 18 Januari 2024, di Masjid Subulussalam Al-Khoory Kampus Unismuh Makassar, Jl Sultan Alauddin.

Penceramah ke-1 pada bulan ke-1 Tahun 2024 yaitu Anggota Badan Pembina Harian (BPH) Unismuh yang juga Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Makassar, KH Said Abdul Shamad.

Pengajian diawali kata pengantar oleh Rektor Unismuh Prof Ambo Asse, yang mengucapkan syukur bahwa pada tahun 2024 kembali diadakan pengajian bulanan yang dilaksanakan oleh Lembaga Pengkajian, Pengembangan dan Pengamalan Al-Islam Kemuhammadiyahan (LP3AIK) Unismuh Makassar.

“Saya minta kepada LP3AIK agar menyusun jadwal penceramah pengajian bulanan mulai Januari hingga Desember nanti,” kata Ambo Asse.

Ketua Muhammadiyah Makassar, KH Said Abdul Shamad, dalam ceramahnya membahas tentang takwa dengan antara lain mengutip Surah Al-Baqarah, ayat 197, “Bawalah bekal,karena sebaik-baik bekal adalah takwa. Dan bertakwalah kepada-Ku, wahai orang-orang yang mempunyai akal sehat.”

Kiai Said Shamad juga memberikan definisi takwa dengan mengatakan, takwa itu seperti orang yang berjalan di jalan yang penuh onak dan duri.

“Apa yang akan Anda lakukan apabila berjalan di jalan yang penuh duri?” tanya KH Said Shamad kepada jamaah.
Beberapa jamaah kemudian memberikan jawaban, antara lain mengatakan, jika melewati jalanan yang penuh duri maka tentu kita harus berhati-hati.

“Benar. Takwa itu seperti orang yang berjalan di jalan yang penuh duri sehingga kita harus hati-hati melaluinya,” kata KH Said Shamad.

Pengajian bulanan dihadiri Wakil Rektor IV Dr KH Mawardi Pewangi, para dekan dan pimpinan lembaga, dosen, karyawan, dan mahasiswa Unismuh Makassar.

Leave a Reply