UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Civitas Akademika khususnya Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Makassar merayakan keberhasilan luar biasa salah satu dosen unggul mereka, yakni Dr.,Ir.,Muhammad Syarif.,ST.,MT.,MM.,MH.,IPM.,MPU.,ASEAN Eng yang telah meraih prestasi luar biasa dengan mencapai loncat jabatan dari jabatan fungsional Asisten Ahli (AA) ke Lektor Kepala (LK), ini sebuah pencapaian akademik yang sangat membanggakan.

Proses menuju prestasi ini bukanlah hal yang mudah Dr Syarif harus memenuhi sejumlah syarat khusus, termasuk publikasi minimal 2 artikel pada Jurnal Internasional terindex Scopus dengan nilai SJR yang telah ditetapkan sesuai pedoman Penilaian Angka Kredit Dosen.

Menjadi penulis pertama dan penulis korespondensi yang bertanggung jawab atas pertanyaan dari reviewer juga merupakan bagian dari tuntutan proses ini.

Perjalanan akademis Dr Syarif dimulai sebagai dosen pada tahun 2013 melalui program Dosen Unggulan Dikti.

Setelah menyelesaikan studi S2 melalui Beasiswa Dosen Unggulan, oleh Dikti memberikan penugasan pada Universitas Cenderawasih Jayapura di Papua, sebelum kembali ke Makassar dan menjadi dosen tetap Unismuh Makassar pada 2015.

Pangkat akademiknya dimulai dari Asisten Ahli (AA) pada tahun 2020, kemudian di tahun 2023 ini beliau berhasil naik dari Asisten Ahli ke Lektor Kepala melalui loncat jabatan fungsional, sebuah prestasi sangat langkah yang jarang terjadi di dunia akademis karena kompleksitas persyaratannya.

Untuk meraih itu, Dr Syarif telah menghasilkan karya yang mengesankan, antara lain 14 buah artikel terindex Scopus yang sebagian besar berada pada tataran Quartil-1 (Q-1), dan
beberapa diantaranya berupa artikel Kolaborasi 21 Negara, memiliki 11 buah buku Referensi yang 1 diantara adalah buku kolaborasi internasional 15 Negara, 1 buah artikel pada Jurnal terindex Sinta 2 dan 2 buah artikel terindex sinta 4.

Saat menempuh Pendidikan jenjang S3 Syarif juga telah berhasil meraih Predikat WISUDAWAN TERBAIK Fakultas Teknik Unhas di tahun 2019 dan juga berhasil meraih Predikat CUMLAUDE, serta tercatat sebagai mahasiswa tercepat dalam penyelesaian studi S3 dengan masa tempuh 1,7 tahun, namun karena aturan yang mensyaratkan akhirnya beliau promosi Doktor pada posisi 2,3 tahun.

Selain itu studi pada jenjang S1 dan S2 pun Syarif telah tercatat sebagai mahasiswa dengan masa tempuh waktu studi tercepat.

Keilmuannya tidak hanya berfokus pada bidang ilmu Teknik Struktur, Konstruksi dan material saja melainkan juga pada bidang ilmu Ekonomi Manajemen serta Ilmu Hukum Pidana. Oleh karena itu telah mengantarnya menjadi Ahli Hukum Kontrak Konstruksi, sehingga keahlian yang dimilikinya banyak digunakan oleh Aparat Penegak Hukum (APH) baik dilingkungan Polda Sulsel, Polres, maupun Kejaksaan dalam penanganan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

Selamat dan sukses untuk Dr.,Ir.,Muhammad Syarif., ST.,MT.,MM.,MH.,IPM.,MPU.,ASEAN Eng. Semoga keberhasilannya akan menjadi bagian penting dalam mengantar Unismuh Makassar sebagai universitas yang semakin unggul di masa depan.

Leave a Reply