UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Mahasiswa Himpunan Pendidikan Bahasa Arab (HMJ PBA Periode 2023-2024) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar kegiatan AL-FUSHA Jilid VII, Selasa 18 Desember 2023.

Selain HMJ PBA Unismuh Makassar sebagai penyelenggara, kegiatan ini juga diikuti oleh seperti, PIP, UNHAS, SMAIT AL-QALAM, UIAD SINJAI, Kegiatan ini dibuka di Unismuh Bisnis Centre (UBC) lantai 2 Gedung Menara Iqra.

Kegiatan ini dimulai dari tanggal 12 hingga 14 Desember 2023, Lomba tahfiz, Qiraatussyiir, tilawah, ghina aroby, dan pidato bahasa Arab menjadi arena bagi mahasiswa untuk mengeksplorasi dan mengaktualisasikan nilai-nilai bahasa Arab.

Dalam sambutannya, Ketua Umum HMJ PBA Unismuh Makassar Muh Syukur mengatakan bahwa kampus menjadi saksi dari parade prestasi melalui beragam lomba bahasa Arab yang digelar, agenda Al Fusha merupakan momen gemilang dalam serangkaian kegiatan yang dihelat oleh HMJ PBA Unismuh Makassar.

“Kegiatan ini diikuti dari berbagai angkatan dan program studi bersaing dengan penuh semangat, menunjukkan kepiawaian mereka dalam merangkai ayat-ayat suci Al-Qur’an, menyampaikan syair dengan indah, melantunkan ayat-ayat suci dengan penuh khidmat,” ungkapnya.

Lebih Lanjut, Ia menjelaskan bahwa kegiatan ini memukau dengan seni bernyanyi Arab, acara ini tidak hanya memberikan kesempatan bagi peserta untuk bersaing secara intelektual, tetapi juga menjadi wadah berharga untuk memperkaya pemahaman dan penerapan bahasa Arab dalam berbagai aspek kehidupan.

“Selain rangkaian lomba yang meriah, tanggal yang sama menjadi saksi pelaksanaan seminar Arabiyah dengan tema yang mendalam Aktualisasi Nilai Bahasa Arab sebagai Sarana Komunikasi Global,” ungkapnya.

Muh Syukur lebih jauh menjelaskan bahwa seminar ini menjadi panggung bagi para pembicara yang ahli dalam bidangnya untuk berbagi wawasan tentang pentingnya bahasa arab sebagai jembatan komunikasi global. Diskusi pun berfokus pada urgensi dan relevansi nilai-nilai bahasa Arab di era modern yang serba cepat dan global.

“Selain itu, menurut ketua bidang minat, bakat, budaya dan seni, Intan Nurainul, selaku tim pelaksana kegiatan bahwa kegiatan Al-Fusha ini adalah kegiatan yang kami adakan untuk meningkatkan kesenian terhada bahasa arab, dan mengangkat dari tema yang kami ambil yaitu aktualisasi nilai bahasa arab sebagai sarana komunikasi global dengan berharap bahwasanya bahasa arab dapat menjadi bahasa global atau bahasa internasional yang diakui oleh dunia,” jelasnya.

Ia pun menuturkan bahwa semangat kegiatan ini semakin terasa menggetarkan dengan dirangkainya perayaan Hari Bahasa Arab Sedunia pada tanggal 18 Desember.

“Kegiatan ini memberikan kontribusi luar biasa dalam mempromosikan kekayaan bahasa Arab sebagai aset global. Bahasa Arab bukan hanya menjadi alat komunikasi, tetapi juga identitas dan kebanggaan bagi para peserta yang berpartisipasi,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Arab Unismuh Makassar Nurul Fadilah SPd, M.Pd menyampaikan bahwa kegiatan al-fusha ini merupakan kegiatan tahunan yang tidak hanya melibatkan mahasiswa PBA itu sendiri akan tetapi kegiatan ini juga terbuka untuk umum dan dirangkaikan dengan perayaan hari bahasa arab sedunia.

Di tempat yang sama, Dekan Fakultas Agama Islam Unismuh Makassar Dr Amirah Mawardi mengatakan bahwa dengan harapan semoga al-fusha ini bisa terus dijalankan kedepannya, semoga selalu dilancarkan dan dapat membawa hal hal baik kedepannya.

“HMJ PBA Unismuh Makassar berhasil menciptakan momentum yang luar biasa, membawa nuansa keindahan bahasa Arab ke tengah-tengah mahasiswa dan masyarakat, dengan suksesnya acara ini, diharapkan semakin banyak orang yang dapat merasakan keajaiban dan keunikan bahasa Arab, sehingga dapat terus dijaga dan dikembangkan sebagai warisan budaya yang berharga,” pungkasnya.

Leave a Reply