UNISMUH. AC. ID,MAKASSAR– Dalam rangka perayaan Milad ke-111 Muhammadiyah, Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar mengadakan kegiatan Senam Sehat.

Kegiatan ini dilakukan sejalan dengan tema Milad Muhammadiyah tahun ini yakni “Ikhtiar Menyelamatkan Semesta”, dengan fokus mengampanyekan pentingnya hidup sehat.Senam sehat digelar di halaman Balai Sidang Muktamar 47, Kampus Unismuh Makassar, Jl Sultan Alauddin, Makassar, Sabtu, 18 November 2023.

Prof Andi Sukri Syamsuri, Koordinator Komunitas Senam Sehat Unismuh, menjelaskan bahwa kegiatan senam tersebut memiliki makna simbolik. Unismuh ingin mengajak umat Islam, bangsa Indonesia, dan warga dunia untuk berperilaku hidup sehat sebagai langkah awal dalam ikhtiar menyelamatkan semesta.

“Ikhtiar menyelamatkan semesta diawali dengan perilaku hidup sehat,” ungkap Prof Andis, sapaan akrab

Wakil Rektor II Unismuh Makassa itu.Melalui kegiatan senam ini, kata Andis, Unismuh berharap masyarakat dapat lebih sadar akan pentingnya menjaga kesehatan sebagai bagian dari upaya bersama untuk mencapai tujuan yang lebih besar dalam merawat lingkungan dan menciptakan semesta yang lebih baik.Ia melanjutkan, dalam konteks isu-isu kesehatan global, Senam Sehat yang diselenggarakan oleh Unismuh Makassar dalam rangka Milad 111 tahun Muhammadiyah menjadi sebuah langkah proaktif.

“Kegiatan ini mencerminkan kesadaran akan tantangan kesehatan global, seperti peningkatan gaya hidup tidak sehat,” ujarnya ditemui usai Senam.

Prof Andis menekankan bahwa senam sehat bukan hanya tentang kebugaran fisik tetapi juga merupakan ikhtiar dalam menjaga kesehatan mental dan mencegah berbagai penyakit kronis.

“Tradisi Senam Sehat ini telah kami gelar selama dua bulan, setiap Sabtu pagi. Khusus hari ini, senam ini kami gelar sebagai rangkaian semarak Milad 111 tahun Muhammadiyah,” sambungnya.

Kegiatan ini akan terus dilakukan secara berkelanjutan. Senam diikuti sivitas akademika Unismuh Makassar, baik dosen, karyawan, maupun mahasiswa, serta terbuka bagi masyarakat umum.

“Alhamdulillah, Bu Dekan Fakultas Kedokteran Unismuh juga sudah menyatakan bakal mendukung acara ini dengan menyiapkan pemeriksaan kesehatan gratis bagi peserta senam setiap pekan,” ujar Andis.

Sejalan dengan tema Milad 111 tahun Muhammadiyah “Ikhtiar Menyelamatkan Semesta,” Unismuh Makassar telah turut berkontribusi dalam menjawab isu-isu kesehatan global, termasuk peningkatan kesadaran akan pentingnya pola hidup sehat sebagai bentuk ikhtiar bersama dalam menjaga keberlangsungan dan kesejahteraan masyarakat secara global.

Leave a Reply