UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar Pembukaan Pendidikan Dasar dan Latihan Diklatsar pada Jumat, 10 November 2023.

Diklatsar ini bertujuan membentuk kader Kokam yang tangguh, kuat, tanggap, dan beriman, demi terwujudnya kader Militan. Pembukaan Diklatsar digelar di Lantai II Gedung Menara Iqra Unismuh Makassar, dengan pembukaan resmi oleh Wakil Rektor IV Unismuh Makassar, Dr. Mawardi Pewangi MPdI. Turut hadir Ketua Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Sulawesi Selatan sekaligus Komandan Nasional Kokam, Elli Oschar, SPdI, MPdI.

Ketua UKM Kokam Unismuh Makassar, Jumedi, menekankan pentingnya anggota Kokam menjaga dan memanfaatkan waktu dengan bijak, khususnya bagi anggota Muhammadiyah.

“Kokam memiliki tanggung jawab untuk menjaga dan mengawal NKRI, Pancasila, dan ideologi. Jika ada yang merusak, kita harus melawan,” ungkapnya.

Selain itu, Jumedi menegaskan bahwa solidaritas dan bantuan sesama manusia adalah nilai yang harus dijunjung tinggi oleh anggota Kokam. “Anggota Kokam senantiasa memberikan pertolongan kepada sesama, terutama dalam situasi musibah,” tambahnya.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor IV Unismuh Makassar, Dr. Mawardi Pewangi, menekankan pentingnya kesiapan fisik, mental, dan ketepatan waktu bagi anggota Kokam.

“Kokam harus disiplin waktu karena merupakan organisasi militer yang harus siap siaga setiap saat. Mereka menjadi contoh yang harus lebih disiplin dalam menggelar kegiatan, dibandingkan UKM lainnya,” ucapnya.

Mawardi Pewangi juga menambahkan bahwa saat ini, Kokam merupakan bagian dari Pemuda Muhammadiyah. Namun, diharapkan dapat menjadi organisasi tersendiri di masa depan.

“Kokam sebagai garda terdepan dalam kegiatan Muhammadiyah, memiliki tanggung jawab besar untuk menjadi contoh dan menjunjung tinggi disiplin dalam setiap langkahnya,” tambahnya.

Leave a Reply