UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar Kuliah Tamu dengan tema “Circular Economy” dan “Fluktuasi Ekonomi Valuasi Fundamental Perusahaan dan Arah Pergerakan Sahamnya”.

Acara ini digelar di Minihal FEB Unismuh, Menara Iqra Lantai 8, pada Kamis, 19 Oktober 2023. Kuliah Tamu ini dihadiri sekitar puluhan mahasiswa FEB Unismuh dari berbagai kelas.

Kuliah Tamu ini menampilkan Dianne Frisko Koan, CSRA sebagai pemateri, ia merupakan Dosen dari Ubaya , dan juga Dr Ramly, Dosen FEB Unismuh Makassar.

Ia didampingi moderator Mira, S.E., M.Ak., Ak, Kaprodi Akuntansi FEB Unismuh Makassar.

Dalam materi yang Dianne Frisko bawakan, ia menjelaskan Circular Economy adalah sistem ekonomi yang bertujuan untuk menghilangkan limbah dan menjaga sumber daya tetap digunakan selama mungkin.

Ekonomi sirkular ini juga mendorong produksi dan konsumsi berkelanjutan, dengan menekankan pentingnya pengurangan, dan daur ulang bahan. Sambungnya.

“Konsep ekonomi sirkular ini merupakan konsep yang tepat untuk menjaga kekurangan sumberdaya dimasa yang akan datang sekaligus juga meminimalkan ancaman perubahan cuaca ekstrim karena efek pemanasan global yang saat ini terjadi,” ujar Dianne Frisko.

Ia juga menyampaikan beberapa manfaat ekonomi sirkular yaitu bisa mengurangi dampak lingkungan, penghematan biaya serta peluang inovasi.

Selain itu, Dr Ramly menyampaikan materinya yaitu Fluktuasi Ekonomi Valuasi Fundamental Perusahaan dan Arah Pergerakan Sahamnya.

“Kata Fluktuasi ekonomi itu lebih memandang pada ekonomi dari sudut pandang Investor dan Analis. Pergerakan harga komoditas dunia misalnya, Emas, Nikel, Batu bara, Minyak dan Gas. Pergerakan ini selalu dipicu ketika ada sesuatu yang terjadi seperti pada masa pandemi,” ucapnya.

Laporan Magang Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip Unismuh Makassar : Nurhikmah, Rahmiati

Leave a Reply