UNISMUH.AC.ID MAKASSAR – Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional (LP2AI) melakukan evaluasi kurikulum berbasis Outcime-Based Education (OBE) pada tiga program studi di pascasarjana Unismuh Makassar di Ruangan UBC Universitas Muhammadiyah Makassar pada hari Rabu, 11 Oktober 2023.

Evaluasi kurikulum berbasis OBE tersebut dilakukan langsung oleh Ketua LP2AI Dr Nasrun, sementara dari pihak yang dievaluasi dihadiri oleh tiga tim Kurikulum Program Studi Magister Pendidikan, yakni Magister Pendidikan Sosiologi, Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Magister Pendidikan Bahasa Inggris, yang dipimpin langsung oleh Ketua Prodi masing-masing yaitu Kaharuddin, Ph. D. Ketua Prodi S2 Pendidikan Sosiologi, Prof Munirah, dan Dr Radia Hamid.

Proses evaluasi kurikulum tersebut di mulai pukul 08.00 sampai 12.00. Dalam proses evaluasi tersebut, Dr Nasrun, menyarankan sedikit perbaikan, walaupun pada prinsipnya sudah memenuhi standar kurikulum OBE.

Selain evaluasi kurikulum, juga dilakukan evaluasi Rencana Pembelajaran Semester (RPS), hasil evaluasi tersebut juga perlu sedikit revisi terkait kelengkapan tandatangan dan prosedur penugasan dan penilaian.

Kaharuddin Ph. D, bersama tiga tim program studi diberikan kesempatan untuk melakukan revisi perbaikan selama satu pekan.

Terkait berbagai revisi kurikulum dari tiga Prodi Magister Pendidikan tersebut akan menuntaskan perbaikan bedasarkan saran dari ketua LP2AI.

Ketiga Program Studi Magister Pendidikan merasa bersyukur atas evaluasi ini, sehingga secara konten dan isi serta format dapat memenuhi standar universitas dan arah capaian pembelajaran berbasis OBE, sebagaimana tujuan kurikulum OBE yang merupakan kurikulum yang berfokus pada pencapaian pembelajaran dimana pendidikan tidak hanya berpusat pada materi yang harus diselesaikan namun juga dapat memberikan dampak atau manfaat.

Secara sederhana, kurikulum ini menekankan pada keberlanjutan proses pembelajaran secara inovatif, efektif, serta interaktif.

Leave a Reply