UNISMUH. AC. ID MAKASSAR – Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam (HMJ PAI) menggelar Journalist Training dengan tema “Citizen Journalism: Urgensi Keterampilan Jurnalistik di Era 5.0. Kegiatan ini dihelat di Aula FAI Lt. 4 Unismuh Makassar.

Journalist Training berlangsung tiga kali pertemuan yakni dari hari Kamis (05/10), hari Selasa (10/10) dan hari Kamis (12/10). Tercatat sebanyak 48 peserta yang terdiri dari Pengurus HMJ PAI, Mahasiswa PAI dan juga mahasiswa eksternal PAI.

Journalist Training bertujuan untuk memberi pemahaman dan pengetahuan mendasar seputar jurnalistik. Sebagaimana yang disampaikan oleh Ketua Umum HMJ PAI, Fathurahman, “Menjadi keinginan yang amat besar di periodesasi kali ini HMJ PAI bisa memiliki website sendiri, namun tentunya kita sadar bahwa sebelum itu kita mesti mempersiapkan SDM yang unggul dan mampu mengelola itu dengan baik. Maka kegiatan ini di harapkan mampu melahirkan SDM yang unggul di bidang jurnalistiK.

Pada kegiatan Journalist Training ada 3 Pemateri yang di undang oleh HMJ PAI, yakni M. Yusuf K, Muh Ishak Agus dan Hadi Saputra, M. Si.

Pada pertemuan pertama dibekali materi yakni Studi Pustaka yang menjadi tahap awal untuk memahami dasar-dasar teoritis. Kemudian pada pertemuan kedua membahas tentang Teknik Investigasi dan Reportase untuk memahami mendalam tentang pengumpulan informasi, data dan bukti terkait suatu peristiwa. Pada materi terakhir yakni Penulisan dan pelaporan berita yang dimana adalah proses penting dalam jurnalisme yang melibatkan pengumpulan, penyusunan dan penyampaian informasi.

Guna mempermudah pembelajaran, para peserta dibagi menjadi 9 kelompok. Tiap kelompok tersebut diberikan tema awal untuk bahan perdiskusian mereka. Dari tema tersebut nantinya akan melahirkan sebuah berita atau opini disertai dengan data-data yang akurat.

Leave a Reply