UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Program Studi (Prodi) Kehutanan di Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar melibatkan seluruh mahasiswa untuk mengikuti kuliah umum yang diadakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).Kegiatan ini melibatkan berbagai pihak, diselenggarakan secara hibrida dengan peserta hadir secara fisik (luring) dan daring.

Peserta luring yang turut ambil bagian dalam kuliah umum ini mencakup tokoh-tokoh penting, antara lain Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove, serta perwakilan dari Kementerian Pendidikan, Riset, dan Teknologi, termasuk Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi.

Sementara itu, unsur dari KLHK, terdiri dari Tim Kerja Indonesia’s Folu net sink 2030, Bidang Pengelolaan Hutan Lestari, Bidang Peningkatan Cadangan Carbon, Bidang Konservasi, Pengelolaan Ekosistem, serta Forum Lembaga Pendidikan, juga turut hadir dalam kegiatan ini. Kuliah umum ini berlangsung pada Rabu, 3 Oktober 2023.

Agenda utama dari kegiatan ini adalah Kuliah Umum yang berlangsung selama 1 semester dengan tema “Forestry Update Course (FUCo)” yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bekerja sama dengan Forum Perguruan Tinggi Kehutanan Indonesia (FORETIKA). Keynote Speech disampaikan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Dalam konteks ini, Dr. Ir. Hikmah Basalamah, S.Hut, M.Hut, IPM, Kaprodi Kehutanan UNISMUH Makassar, menyampaikan kegembiraannya atas keterlibatannya dalam seminar yang diselenggarakan oleh KLHK. Ia menekankan pentingnya seminar ini dalam mendukung pengembangan ilmu pengetahuan di bidang kehutanan.

Kuliah umum ini merupakan implementasi dari Surat Keputusan Menteri LHK Nomor SK. 168/MENLHK/PKTL/PLA.1/2/2022 tentang Indonesia’s Forestry and Other Land Use (FOLU) Net Sink 2030 untuk Pengendalian Perubahan Iklim 2030 dan akselerasi pencapaian target-target Rencana Operasional Indonesia’s FOLU Net Sink 2030. Tujuannya adalah untuk mengintegrasikan kebijakan dan praktik terkini dalam bidang kehutanan bagi mahasiswa Kehutanan di seluruh Indonesia.

Sementara itu, Dekan Fakultas Pertanian Unismuh Makassar Dr. Ir. Andi Khaeriyah, M.Pd, IPU, menyambut baik kehadiran kegiatan nasional yang langsung diselenggarakan oleh KLHK. Ia berharap kegiatan seperti ini akan memberikan manfaat besar dalam pengembangan ilmu pengetahuan di bidang kehutanan.

Leave a Reply