UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR– Pada tanggal 5 Oktober 2023, 14 mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar resmi terlibat dalam program pengabdian masyarakat di PCM Mamajang Kota Makassar. Kegiatan ini dimulai dengan upacara penyerahan dan penyambutan mahasiswa di SD Muhammadiyah 2 Mamajang.

Turut hadir dalam kegiatan penyerahan dan penyambutan tersebut yakni beberapa Pimpinan Muhammadiyah Mamajang Abdul Kadir selaku Sekretaris, Kadaruddin Usman selaku Bendahara, Mukhtar Subu selaku wakil sekeretaris, serta beberapa Pimpinan Amal Usaha, Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 2 Mamajang, Kepala Sekolah MTS Mamajang, Ketua Pengurus Masjid Nurudda’wah Muhammadiyah Mamajang dan Ketua Pengurus Masjid Fajar Sadiq Muhammadiyah Mamajang.

Kelompok mahasiswa ini, berasal dari Fakultas Agama Islam dengan program studi Ahwal Syakhsiyah dan KPI, diterima secara resmi oleh Pimpinan Cabang Muhammadiyah Makassar.

Dalam sambutannya, Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Mamajang, Drs. Agung Wirawan, MSi, mengungkapkan rasa syukur atas kehadiran 14 mahasiswa pengabdian Unismuh Makassar yang ditempatkan di berbagai lembaga Muhammadiyah di PCM Mamajang. Ia berharap mahasiswa ini dapat berkolaborasi untuk memajukan Cabang, Ranting, Masjid, dan Sekolah Muhammadiyah di Mamajang.

Zainal Abidin, SH, MH, yang merupakan dosen pembimbing dan mewakili Lembaga Pengembangan Cabang, Ranting, dan Pembinaan Masjid (LPCR-PM) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan, juga menyoroti fokus penempatan mahasiswa pengabdian Unismuh Makassar di Cabang, Ranting, dan Masjid Muhammadiyah. Kolaborasi antara Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan LPCR-PM diharapkan dapat mendukung pengembangan dan pembinaan lembaga tersebut di seluruh Indonesia.

Drs Sabaruddin selaku Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 2 Mamajang, dalam sambutannya mengucapkan banyak terimakasih atas terselenggaranya kegiatan ini di SD Muhammadiyah 2 Mamajang.

“Sebagai salah satu sekolah yang juga menerima 4 mahasiswa pengabdian, SD Muhammadiyah 2 Mamajang sangat terbantu dengan kehadiran program tersebut,” ungkapnya.

Para mahasiswa yang terlibat dalam program ini akan melaksanakan pengabdian selama 6 bulan, dimulai pada tanggal 5 Oktober 2023, hingga 5 April 2023. Berikut adalah daftar nama-nama mereka dan tempat penempatan mereka:

Di Masjid:

  1. Mundzir (Asal: Sinjai) – Prodi: Hukum Keluarga Islam (Akhwat Syakhsiyah), sebagai Naib Imam.
  2. Mohammad Hafiz Effendy (Asal: Bone) – Prodi: Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), sebagai Imam.
  3. Muh. Arqam Fitrah Jaya (Asal: Makassar) – Prodi: Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah).
  4. Muh Fajrin Firmansyah (Asal: Palopo) – Prodi: Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah).

Di SD Muhammadiyah:

  1. Muqit Syahrial (Asal: Kabupaten Enrekang) – Prodi: Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhsiyah).
  2. Reski Nurawaliah (Asal: Bulukumba) – Prodi: Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhsiyah).
  3. Syuaib Jailuddin (Asal: Enrekang) – Prodi: Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhsiyah).
  4. Putri Nur’aini Paransa (Asal: Manado) – Prodi: Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhsiyah).

Di Sekretariat PCM:

  1. Fakhrah (Asal: Maros) – Prodi: Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyah).
  2. Winda Riskayanti (Asal: Takalar) – Prodi: Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhsiyah).

Di Markaz Alquran Nuruddawah:

  1. Fatimah Azzahra Arif (Asal: Kota Balikpapan) – Prodi: Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhsiyah).
  2. Ainil Hafidzah (Asal: Sinjai) – Prodi: Hukum Keluarg Islam (Ahwal Syakhshiyah).
  3. Rahmat Rafli (Asal: Pinrang) – Prodi: Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyah).
  4. Rahmat Rafli (Asal: Sinjai) – Prodi: Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyah).

Leave a Reply