UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unismuh Makassar menggelar Kuliah Umum dengan tema “Meningkatkan Kesadaran Kritis Melalui Literasi Media.”

Acara ini digelar di Minihal FISIP Unismuh, Menara Iqra Lantai 5, pada Senin, 2 Oktober 2023.

Kuliah umum ini menampilkan Nurwijaya Hariadi sebagai narasumber. Ia merupakan penggerak dari Yayasan Ruang Antara, sebuah Organisasi Nirlaba yang fokus pada isu-isu komunikasi kontemporer.

Ia didampingi moderator Ahmad Syarif, dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Unismuh.

Kuliah umum ini dihadiri sekitar seratus mahasiswa semester 3 Ilmu Komunikasi dari berbagai kelas. Para mahasiswa menunjukkan antusiasme tinggi dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada narasumber.

Dalam materi presentasinya, Nurwijaya menyampaikan betapa pentingnya sikap skeptis terhadap media agar kita tidak terpengaruh oleh informasi yang salah atau hoaks. Sikap skeptis ini menjadi dasar bagi mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan kritis, yakni melihat setiap informasi media dari berbagai sudut pandang dan melakukan pengecekan fakta.

Narasumber juga menyoroti peran-peran penting yang dimainkan oleh kelompok masyarakat, seperti Yayasan Ruang Antara, dalam mengawal isu-isu penyiaran. Salah satu upayanya adalah dengan memperluas gerakan literasi media untuk memberikan pendidikan kepada audiens.

“Kami telah bergerak sejak tahun 2014 dengan semangat literasi media. Kami terus berupaya untuk menyuarakan gerakan literasi media di masyarakat,” ucapnya.

Dalam penutupnya, narasumber menekankan manfaat yang dapat diperoleh dari kuliah umum ini, yaitu meningkatkan kesadaran kritis dalam mengkonsumsi media, seperti televisi dan media sosial), kemampuan untuk memproduksi konten alternatif yang mengandung unsur edukasi, dan peran mahasiswa sebagai agen penyebaran pengetahuan terkait literasi media.

Laporan : Mahasiswa Magang Humas Unismuh Makassar

Tim : Friska, Ratih dan Nurhikmah

Leave a Reply