UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Mahasiswa Himpunan Pendidikan Bahasa Arab (HMJ PBA Periode 2023-2024) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar mengadakan kegiatan Jaulatul Quran (Wisata Quran), Kamis, 21 September 2023.

Kegiatan ini berlangsung di Masjid Al-Amri Tombolo Kabupaten Gowa, yang dihadiri oleh Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab dan Mahasiswa dari Jurusan lain seperti PAI, BKPI, dan HES.

Kegiatan ini disaksikan langsung oleh masyarakat sekitar, Kepala Pengelola beserta Musyrifah (Pengajar) Rumah Quran dan dilakukan bersama para santri Rumah Quran Hafiz Hafizah cabang Gowa yang berjumlah 30 orang.

Ketua Umum HMJ PBA Unismuh Makassar Muh Syukur menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan serta menumbuhkan semangat para santri untuk terus menghafal dan belajar quran.

“Melalui kegiatan seperti ini, akan menumbuhkan rasa empati dan kepedulian terhadap sesama,” ungkapnya.

Muh Syukur menambahkan bahwa melalui kegiatan ini, kita dapat mensyiarkan Alquran serta Bahasa Arab kepada adik-adik Rumah Quran yang dikemas dalam berbagai macam games seperti estafet murajaah, lomba baca hadis serta menyusun surah juz 30 sesuai urutan pada alquran.

“Tak hanya itu, mahasiswa juga memberikan beberapa kosa kata Bahasa arab melalui lagu yang dinyanyikan bersama. Mahasiswa juga memberikan edukasi tata cara wudhu yang benar kepada adik-adik Rumah Quran,” ungkapnya.

Menurut Ketua Bidang Sosial Dan Ekonomi, Nurhidayah Selaku Tim Pelaksana Kegiatan bahwa.

“Dengan memperkenalkan Bahasa Arab sedari kecil akan menumbuhkan keinginan dan kecintaan di dalam diri mereka untuk belajar Bahasa Arab,” ungkapnya.

Nurhidayah juga menekankan tentang pentingnya rasa sosial yang tinggi bagi setiap orang. Menjalin kehidupan yang berdampingan dengan satu sama lain tentunya menciptakan sebuah ketergantungan sosial.

“Dimana seseorang saling membutuhkan orang lain dalam menjalani hidupnya. Karena tentunya sebagai seorang manusia tidak bisa menjalani seluruh aspek kehidupannya sendiri tanpa membutuhkan orang lain,” ungkapnya.

Nurhidayah menuturkan bahwa dengan adanya kegiatan yang dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (HMJ PBA Periode 2023-2024) ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi para Mahasiswa dan Masyarakat diluar sana akan pentingnya berjiwa sosial yang tinggi.

“Yang tidak hanya menguntungkan diri sendiri akan tetapi menguntungkan dan bermanfaat bagi orang-orang disekitar kita,” tutupnya.

Leave a Reply