UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Mahasiswa Program Profesi Guru (PPG) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar mengikuti Pengukuhan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2023.

Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 dan PPG Daljab Kategori 1 angkatan 2 tahun 2023 ikut dikukuhkan Bersama 3767 Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Makassar.

Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Makassar, Mereka merupakan mahasiswa dari berbagai jurusan yang ada di Unismuh Makassar.

Mahasiswa Program Profesi Guru ikut dalam pengukuhan, sebanyak 144 Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 dan 390 PPG Daljab kategori 1 angkatan 2 tahun 2023.

Pada acara tersebut Prof. Dr. H. Ambo Asse, M.Ag selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Makassar mengukuhkan 3767 mahasiswa baru Bersama mahasiswa PPG.

Menurut Dr. Sukmawati, M.Pd. selaku kordinator PPG memyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menetapkan secara resmi mahasiswa baru dan mahasiswa PPG.

“Mahasiswa PPG dengan antusias mengikuti pengukuhan dan bertekad menjalankan perkuliahan dengan baik, semangat, dan mengikuti segala bentuk aturan yang ada,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Sukmawati menambahkan bahwa mahasiswa PPG terbagi dalam beberapa bidang studi, khususnya PPG Prajabatan diikuti dari bidang studi Guru Sekolah Dasar, Bahasa Indonesia, dan Matematika.

“Menariknya, mereka dari berbagai daerah yang berbeda, namun dapat dikatakan sebagian merupakan alumni Unismuh Makassar,” ungkapnya.

Selain itu, Sukmawati menjelaskan bahwa mahasiswa PPG Dalam Jabatan kategori 1 angkatan 2 tahun 2023 diikuti oleh beberapa bidang studi yakni PPKN, Matematika, PGSD dan Fisika sebagai bidang studi tambahan di tahun ajaran 2023.

“Dalam mengikuti pengukuhan mahasiswa PPG Daljab dengan antusias dan niat yang kuat untuk mengikuti berbagai kegiatan perkuliahan,” jelasnya.

Dr. Sukmawati mengungkapkan kuota penerimaan mahasiswa PPG dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang signifikan terutama pada tahun 2023 ini. Mahasiswa PPG Prajabatan akan mengikuti perkuliahan sebanyak 2 semester.

“Perkuliahan yang mereka jalani, selain di kampus unismuh juga akan menjalani di sekolah mitra. Berbeda dengan mahasiswa PPG Daljab yang akan mengikuti perkuliahan selama 2 bulan lamanya,” ungkapnya.

Sukmawati menuturkan bahwa selama proses perkuliahan mereka akan di damping oleh 30 dosen berkompeten dan 29 guru pamong sebagai mitra.

“Sekolah mitra yang dipilih juga melalui seleksi dan pertimbangan yang efisien dari pihak pengelola PPG,” ungkapnya.

Ke depannya Dr. Sukmawati, M.Pd selaku kordinator PPG menegaskan, Unismuh senantiasa berkomitmen untuk menjalankan Program Profesi Guru dengan integritas tinggi dan kerja sama yang baik dari dosen dan sekolah mitra Unismuh Makassar.

“Dalam upaya tersebut, perlu ditekankan bahwa guru harus menguasai kompetensi pedagogi dan mampu bekerja sama dengan baik,” tutupnya.

Leave a Reply