UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Sebanyak 144 mahasiswa Program Profesi Guru (PPG) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unismuh Makassar telah memulai mengikuti Orientasi Gelombang Satu, Senin, 18 September 2023.

Acara Orientasi Mahasiswa Baru PPG Gelombang I digelar dengan semarak di Mini Hall FKIP Unismuh Makassar.

Kegiatan orientasi dibuka Wakil Rektor I Unismuh Makassar, Dr. Abd Rakhim Nanda ST MT IPM.

Koordinator PPG, Dr. Sukmawati Md, menyampaikan bahwa mahasiswa PPG ini, dengan tekad dan niat yang kuat, memulai perjalanan mereka dalam program PPG di Unismuh Makassar.

Menariknya, hampir 20 persen dari mereka adalah alumni program Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Indonesia, dan yang terbanyak berasal dari Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

Sukmawati juga mengungkapkan bahwa kuota mahasiswa PPG Prajabatan untuk tahun 2023 mencapai 144 orang, mengalami peningkatan signifikan hampir dua ratus persen dari sebelumnya.

FKIP Unismuh Makassar dipercayakan sebagai salah satu Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang bertugas memfasilitasi peserta untuk mencapai predikat guru profesional.

Mahasiswa PPG ini akan menjalani dua semester perkuliahan, baik di Unismuh Makassar maupun di sekolah mitra. Program Studi PPG FKIP Unismuh juga akan menyelenggarakan PPG Daljab dengan kuota 390 peserta dalam 7 bidang studi, seperti PGDS, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, PPKN, Fisika, dan Matematika.

Selama proses perkuliahan, mereka akan mendapatkan dukungan dari 30 dosen berkompeten dan 29 Guru Pamong yang direkomendasikan oleh kepala sekolah mitra FKIP Unismuh.

Sukmawati menegaskan bahwa pemilihan sekolah mitra juga dilakukan secara selektif, dengan memilih 25 guru dari sekolah mitra yang memiliki akreditasi tinggi dan sertifikat pendidik.

Wakil Dekan I FKIP Unismuh Makassar, Dr. Baharullah MPd, menjelaskan bahwa FKIP Unismuh Makassar tahun ini menjadi penyelenggara PPG gelombang pertama dari 145 penyelenggara PPG di seluruh Indonesia.

Mahasiswa PPG gelombang pertama akan mengalami peningkatan baik dalam jabatan maupun prajabatan, dengan tujuh Program Studi yang ditawarkan, termasuk Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, PPKN, dan Pendidikan Fisika.

Dalam upaya meningkatkan kompetensi sebagai guru profesional, mahasiswa PPG dituntut untuk memperkuat kompetensi pedagogi dan sosial, termasuk interaksi dengan sesama guru.

Selain itu, pendidikan profesi guru juga mengembangkan kepribadian seorang guru, yang akan membedakan mereka sebagai sosok yang khusus dalam mendidik anak didik mereka.

Leave a Reply