UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar mengukuhkan 3767 mahasiswa baru (Maba) tahun akademik 2023/2024. Maba tersebut merupakan mahasiswa pada jenjang D3, S1, S2, S3 dan Program Profesi.

Pengukuhan digelar dalam momentum Rapat Senat Terbuka Luar Biasa yang dipimpin Rektor Unismuh Prof Ambo Asse.

Kegiatan ini dihelat secara luring dan daring. Acara luring diikuti 2300 mahasiswa di Balai Sidang Unismuh Makassar, Jl Sultan Alauddin, Selasa, 19 September 2023. Sementara itu, mahasiswa lainnya mengikuti kegiatan melalui aplikasi zoom.

Wakil Rektor IV Unismuh Dr Mawardi Pewangi membacakan SK Rektor tentang Penetapan Mahasiswa Baru Tahun akademik 2022/2023. Jumlah pendaftar peminat pertama di Unismuh, sebanyak 6344 orang, pendaftar peminat kedua sebanyak 6978. Dari jumlah yersebut, yang dinyatakan lulus tes sebanyak 3767 mahasiswa.

Jumlah mahasiswa baru Unismuh terdiri dari maba Fakultas Agama Islam sebanyak 588 orang, Fakultas Ekonomi Bisnis 673 orang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 477 orang, dan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan 552 orang.

Maba Fakultas Teknik berjumlah 411 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 244 orang, Fakultas Pertanian 106 orang, dan Pascasarjana 173 orang.

Pengukuhan Maba Unismuh juga diikuti mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru sebanyak 534 orang.

Prosesi pengukuhan Maba ditandai dengan pembacaan ikrar yang dipimpin Rektor Unismuh. Kemudian pemakaian jas kepada perwakilan mahasiswa dari semua Fakultas di Unismuh, yang disematkan Dekan masing-masing.

Hal yang menarik, tiga mahasiswa asing, yakni Akiho Tsuji dan San Sano dari Jepang, serta Syed Adeel Sajid dari Pakistan, juga dikukuhkan dalam momentum tersebut.

Dalam acara pengukuhan ini, Rektor Unismuh Prof Ambo Asse, Ketua Badan Pembina Harian (BPH) Unismuh Prof Gagaring Pagalung, dan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) WIayah IX Sulawesi Selatan, Barat, dan Tenggara (Sultan Batara) Dr Andi Lukman memberikan motivasi kepada maba Unismuh.

Pengukuhan Maba ini dirangkaikan dengan pengukuhan Guru Besar Sulfasyah dalam Bidang Ilmu Pendidikan Dasar Spesialisasi Bahasa. Ia merupakan Profesor ke 18 di Unismuh Makassar.

Dalam acara ini, ada pula kegiatan Sosialisasi Digitalisasi Keuangan dari Bank Indonesia. Sosialisasi itu memberikan hadiah doorprize berupa laptop dan tablet kepada dua mahasiswa yang memenangkan undian.

Leave a Reply