UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Prestasi membanggakan kembali diraih oleh mahasiswa dari Fakultas Teknik Unismuh Makassar.

Sebanyak empat mahasiswa dari Unismuh berhasil lolos dalam program magang Kampus Merdeka yang diadakan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

Keempat mahasiswa berbakat ini adalah Mustazim, yang akan menjalani magang dengan posisi Operator BIM penerapan Teknologi Informasi PSDA di IKN.

Sementara Rahmat Winanda Agustio, Abd Basith, dan Lutfiah Jayadi diposisi sebagai Pelaksana Teknis Lapangan Penyediaan Air Baku di IKN Nusantara.

Prestasi gemilang ini memberikan bukti konkret bahwa kualitas mahasiswa Unismuh tidak hanya setara, tetapi juga mampu bersaing dengan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Fauzan Hamdi, Wakil Dekan III Fakultas Teknik Unismuh Makassar, mengonfirmasi keberhasilan keempat mahasiswa tersebut. Ia menjelaskan bahwa program magang ini merupakan inisiatif Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) dalam rangka program Kampus Merdeka.

Menurut Fauzan, program magang ini akan berlangsung selama empat bulan, mulai dari September hingga Desember 2023.

Para mahasiswa akan terlibat dalam 12 kegiatan infrastruktur yang meliputi pengendalian banjir, pembangunan bendungan, penyediaan air baku, penerapan teknologi informasi dalam pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA), komunikasi publik, hubungan masyarakat, serta manajemen aset dan konflik, serta pengarsipan dan pemanfaatan lahan.

Selain itu, mereka juga akan terlibat dalam pembangunan Jalan Sumbu Kebangsaan sisi barat, Dermaga Logistik IHM Sepaku, Land Development Sub-WP 1B, Pembangunan Bangunan Gedung dan Kawasan Kantor Kementerian Koordinator, Pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) 1, 2, 3 Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Ibu Kota Negara (KIPP IKN), serta pendampingan pembangunan perumahan.

Kegiatan magang ini merupakan salah satu komponen dari program Kampus Merdeka yang digagas oleh BPSDM Kementerian PUPR.

Selain itu, program ini juga merupakan hasil tindak lanjut dari usulan para Guru Besar bidang Sumber Daya Air saat kunjungan mereka ke IKN, dengan tujuan meningkatkan kompetensi SDM di bidang konstruksi agar lebih berdaya saing dan kompeten.

Para mahasiswa yang beruntung ini akan didampingi oleh 23 mentor selama menjalani magang.

Mereka telah menerima pembekalan dari BPSDM dan setiap Unit Organisasi Kementerian PUPR yang terlibat dalam pembangunan IKN pada Agustus yang lalu.

Prestasi keempat mahasiswa Unismuh Makassar ini menunjukkan dedikasi dan kompetensi yang luar biasa, serta menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk terus berusaha meraih prestasi di tingkat nasional.

“Semoga pengalaman magang mereka di IKN Nusantara membawa manfaat besar bagi pengembangan karier bagi mahasiswa di masa depan,”tutup Fauzan.

Sementara Ketua Angkatan Program Mahasiswa Magang Kampus Merdeka di IKN Nusantara, Mustazim yang juga adalah mahasiswa Teknik Pengairan Unismuh mengatakan dari 3.000 lebih pendaftar hanya 104 mahasiswa dari 27 Universitas yang lolos, termasuk yang lolos UGM, UB, Unhas, IPB University, Undpad, Undip, Binus dan lainnya.

“Ini membuktikan bahwa mahasiswa Unismuh juga dapat bersaing dengan kampus-kampus negeri yang ada di Indonesia,”ujar Mustazim bangga.

Leave a Reply