UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar baru saja memulai kegiatan Ta’aruf Mahasiswa Baru (Maba) angkatan 2023. Prosesi pembukaan seremonial yang digelar secara Hybrid (Offline dan Online) itu berlangsung di Gedung Balai Sidang Muktamar Unismuh Makassar, pada Kamis, 14 September 2024.

Kegiatan ini diikuti 2963 mahasiswa baru, dimana 1969 mahasiswa hadir secara offline dan 994 lainnya hadir secara online.

Rektor Unismuh Makassar Prof Ambo Asse berharap agar para Mahasiswa yang baru saja diterima, berbangga dengan almamater mereka. Sebab, dalam beberapa waktu, Unismuh telah meraih banyak prestasi, dari skala nasional hingga internasional.

“Buktikan kalau memilih kuliah di Unismuh untuk meraih kesuksesan, dan bisa menyelesaikan studi pada waktu yang tepat,” ucap Ambo saat sambutan.

Ambo menyebut, kehadiran Maba di Unismuh mestilah merencanakan kesuksesan sejak dini. Menurutnya, tak boleh ada Mahasiswa yang meninggalkan kampung halaman hanya untuk menemui kegagalan di kota.

“Jadi sejak dari awal masuk Unismuh senantiasa di warnai dengan niat baik dan sebelumnya harus jadi orang baik, senantiasa berprasangka baik, berpikiran baik,” tuturnya.

Karena itu, langkah yang mesti dilakukan para Mahasiswa adalah menjadikan kampus biru itu sebagai wahana yang menyenangkan, tempat menuntut ilmu pengetahuan.

Ambo meminta agar para Mahasiswa fokus pada disiplin ilmu masing-masing. Di Unismuh sendiri, telah tersedia delapan Fakultas dan puluhan jurusan.

Sebagai langkah awal, pertemuan perdana Ambo dengan Maba 2023 dipenuhi dengan pesan-pesan bermakna. Dia menekankan perlunya Mahasiswa mengedepankan nilai-nilai kejujuran.

Ambo sendiri memberi tips kepada Mahasiswa Baru agar bergaul dengan kelompok yang memberi nilai positif. “Berteman dengan orang jujur harus senantiasa dilakukan, tetapi sebelumnya dalam diri harus lebih dulu jujur,” ucapnya.

Berdasarkan pengalaman, Ambo mengakui Mahasiswa Unismuh sering terlibat konflik. Pemicunya, kata Ambo, adalah ego sektoral.

Karenanya, Almamater biru Unismuh mesti menjadi simbol persatuan. Tentunya, kata Ambo, upaya itu untuk meminimalisir hal-hal yang tak diinginkan.

“Masuk Unismuh satu warna yakni warna putih. Kalau sudah masuk di dalam kampus maka harus tanggalkan warna lain termasuk warna-warna kedaerahan,” ucapnya.

“Karena semua mahasiswa baru ini hanya satu yakni mahasiswa Unismuh Makasaar dengan menjalin ukhuwah dan kebersamaan serta jangan tonjolkan daerah,” tambah Ambo

Sementara itu, Ketua Badan Pembina Harian (BPH) Unismuh Makassar, Prof Gagaring Pagalung meminta Mahasiswa agar menanamkan pola pikir berkemajuan.

Kata Gagaring, Berkemajuan yang dimaksudnya adalag sesuai dengan pikiran maju ala Muhammadiyah.

“Tiga ciri Muhammadiyah Berkemajuan yang telah mencapai usia 114 tahun. Ketiga ciri itu persyarikatan yakni harus senantiasa berbuat yang lebih baik, pengembangan yang berbasis ilmu pengetahuan, serta membangun mental kemuhammadiyahan.

Agenda penyambutan maba Kamis 14 September 2023 pembukaan dengan Kuliah Umum dari Kapolrestabes Kota Makassar, Kombes Pol Mokhamad Ngajib, tapi sebelumnya ditandai dengan penandatangan naskah kerjasama MoU antara Unismuh dengan Polrestabes Makassar dan dilanjutkan dengan materi dari Rektor Unismuh Makassar.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Kepolisian Resor Kota Besar (Kapolrestabes) Makassar Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol), Mokhamad Ngajib saat di wawancarai oleh awak media sangat mengapresiasi kegiatan pengukuhan mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Makassar dan pihaknya akan memfasilitasi anggota Polrestabes yang ingin melanjutkan jenjang perkuliahannya.

“Kami mengapresiasi kegiatan Ta’ruf Unismuh, dan saya akan memfasilitasi anggota Polrestabes yang belum kuliah silahkan kuliah di Unismuh,” katanya.

Lanjut, apalagi pihaknya sudah melakukan MOU dengan Universitas Muhammadiyah Makassar, yang merupakan kampus ternama yang ada di Indonesia Timur.

“Tadi kami sudah MOU dan juga Unismuh juga merupakan salah satu kampus terbaik yang ada di Kota Makassar,” tuturnya.

Selanjutnya disusul dengan materi dari Wakil Rektor I, Dr Ir. H Abd Rakhim Nanda, MT; Wakil Rektor II, Dr. H Andi Sukri Syamsuri, S.Pd, M.Hum; Wakil Rektor III, Dr. Muhammad Tahir,M.Si dan Wakil Rektor IV, Dr. H. Mawardi Pewangi, M.Pd.I

Materi terakhir adalah perkenalan kelembagaan dan Unit Kegiatan Kemahasiswaan.

Pada hari Jumat 15 September 2023 ta’aruf mahasiswa baru pada FAI, Fakultas Teknik, Fisip dan Fakultas Pertanian.

Sabtu 16 September 2023 ta’aruf dilaksanakan di FKIP, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Selanjutnya pada Senin 18 September 2023 dilaksanakan Rapat Senat Pengukuhan Maba 2023.

Leave a Reply