UNISMUH.AC.ID, MALANG – Wakil Dekan IV Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar dr Ihsan Jaya, yang juga pengurus Halal Center Unismuh terpilih sebagai Ketua Asosiasi Halal Sains Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA) dalam Kongres Konsorsium Halal Centre Muhammadiyah yang berlangsung di Universitas Muhammadiyah Malang, Selasa – Rabu, 5-6 September 2023.

Kongres ini berhasil menghimpun dan menyatukan aspirasi Halal Center PTMA secara nasional. Asosiasi ini akan berfokus menerjemahkan Catur Dharma perguruan tinggi, yakni pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan pembinaan Al Islam Kemuhammadiyahan dalam konteks pengembangan halal sains.

“Tugas Halal Center adalah mengajukan hasil studi, baik berupa produk komoditas maupun hasil review terhadap regulasi halal. Dengan langkah ini, suara, peran, dan kerjasama antar Halal Center dapat lebih terakselerasi,” jelas dr Ihsan Jaya.

Ihsan selama ini tercatat sebagai salah satu pengurus Halal Center di Unismuh. Meski lembaga itu baru berdiri, namun telah melaksanakan berbagai program, antara lain pelatihan pendamping proses produk halal dan telah memfasilitasi keluarnya lebih dari 100 sertifikat halal untuk Usaha Mikro Kecil (UMK).

Menurut Ihsan, tantangan terbesar adalah kesadaran masyarakat dan infrastruktur halal yang masih jauh dari ideal, seperti kekurangan rumah potong hewan dan unggas.

“Halal secara generik adalah isu syariat. Thayyib yang bermakna aman, bersih dan sehat adalah isu agromedik. Kita ingin shifting lebih jauh ke arah bisnis dan industri. Karena itu yg akan membuat ekosistem halal bisa eksis dan berkembang,” katanya.

Asosiasi Halal Sains PTMA juga akan berupaya meningkatkan kualitas sains halal melalui kerjasama penelitian dan pendidikan.

“Kami akan mengadvokasi semua amal usaha Muhammadiyah untuk bersertifikat halal, memajukan halal center yang telah ada, dan mendorong pendirian halal center di PTMA yang belum punya,” pungkasnya.

Sebagai sebuah asosiasi berlevel nasional, dr Ihsan Jaya memohon bantuan dan dukungan dari semua pihak. “Semua stakeholder diharapkan membangun spirit dan ritme yang sama untuk pengembangan ini,” harapnya.

Dengan kepemimpinan dr Ihsan Jaya, Asosiasi Halal Sains PTMA diharapkan akan lebih efektif dalam mewujudkan ekosistem halal yang berkelanjutan dan inklusif.

Leave a Reply