UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar Prof Ambo Asse resmi membuka Ta’aruf Mahasiswa Baru Ma’had Al-Birr, Kamis, 7 September 2023 di Masjid Subulussalam Al-Khoory, Jl Sultan Alauddin.

Dalam sambutannya, Prof Asse menekankan pentingnya kesungguhan belajar bagi mahasiswa. Ia menyitir surat Ali Imran 142,
“Am ḥasibtum an tadkhulul-jannata wa lammā ya’lamillāhullażīna jāhadụ mingkum wa ya’lamaṣ-ṣābirīn”.

“Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum nyata bagi Allah orang-orang yang berjihad diantaramu dan belum nyata orang-orang yang sabar”.

“Untuk meraih sukses, mahasiswa perlu memiliki komitmen kuat dan menjalani perkuliahan dengan serius. Masa studi harus dapat diselesaikan tepat dalam 4 tahun,” ujar Rektor.

Syarat kesuksesan, menurutnya, melibatkan ketekunan dalam belajar dan kesabaran menghadapi berbagai tantangan, termasuk pembinaan di asrama. Ia juga mengajak mahasiswa untuk tidak merokok dan menghindari sekat-sekat identitas daerah saat berada di kampus.

Direktur Ma’had Al-Birr Unismuh, KH Lukman Abd Shamad, Lc, menyatakan bahwa visi Ma’had adalah mewujudkan kampus Islami yang unggul dan berkemajuan. “Kami mendukung kesuksesan mahasiswa dengan sarana prasarana yang memadai,” ungkap Lukman.

Mahasiswa diharapkan memiliki sikap positif dan optimis dengan lima karakter inti, termasuk kepribadian yang baik, kemampuan berkomunikasi dalam dua bahasa asing, kolaborasi, kreativitas, dan pemikiran kritis.

Pesan Dekan FAI Unismuh

Dekan Fakultas Agama Islam (FAI), Dr Amirah Mawardi, dalam kesempatan ini menjelaskan ada tiga program studi FAI yang ada di Ma’had yakni Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Program Studi. Al Ahwal Syakshiyah dan Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam.

Sementara tiga program lainnya di FAI adalah Program Studi Pendidikan Islam, Prodi Hukum Ekonomi Syariah dan Bimbingan Konseling Pendidikan Islam. Jadi keseluruhan ada 6 program studi yang dibina oleh FAI Unismuh.

Dalam kesempatan itu, Amirah memberikan pesan spiritual dan motivasi kepada mahasiswa baru. Mengutip QS. Alkahfi (18:13), Amirah menekankan pentingnya menjadi pemuda dan pemudi yang beriman serta mendapat petunjuk dari Allah. Ia juga mendorong mahasiswa untuk berprestasi dan menjadi unggulan di kampus.

Terakhir, Dr Amirah mengajak mahasiswa berdoa agar masuk Ma’had dengan selamat dapat pula keluar dengan keselamatan dan keberhasilan, mengacu pada doa yang tertera di Surah Al-Isra’ (17:80).

Mu’tazim Billah, yang bertanggung jawab atas penerimaan mahasiswa baru, melaporkan total penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 341 orang. Mereka tersebar di prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) sebanyak 55 orang, mahasiswa Ahwal Syakhshiyah (Hukum Keluarga) 150 orang, dan Pendidikan Bahasa Arab 136 orang.

Mahasiswa baru Ma’had Al-Birr Unismuh berasal dari berbagai provinsi, yakni Riau, Jawa Barat, Sulsel,Sultra, Sulteng, Sulbar, Gorontalo, NTB, NTT, , Kalimantan Utara, Maluku dan Papua.

Menurut Mu’tasim, perkuliahan di Ma’had akan dimulai lebih awal yakni 11 September 2023 dengan total 24 kelas (12 kelas putra dan 12 kelas putri).

Acara tersebut juga dirangkaikan dengan pemberian penghargaan kepada dosen dan karyawan terbaik Ma’had Al-Birr Unismuh.

Hadir dalam acara ini Direktur Pendidikan Ulama Tarjih Dr Abbas Baco Miro, Wadir Dr Muhammad Ali Bakri, M.Pd, Pembina Asmadina Chaerany Djaya, serta para ketua prodi dan dosen Ma’had Al-Birr.

Leave a Reply