UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Dua mahasiswa dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh) meraih Medali Perak dalam Indonesia International Invention Expo (IIIEX) 2023. Acara yang diselenggarakan oleh Indonesian Youth Scientist Association (IYSA) ini berlangsung di Politeknik Negeri Semarang pada 25-28 Agustus 2023.

Abdillah Khofial Luthfi, mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika, dan Nurjannah dari Program Studi Pendidikan Fisika, tergabung dalam delegasi Unismuh Makassar. Keduanya adalah anggota dari Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Kreativitas Ilmiah Mahasiswa Penelitian dan Penalaran (LKIM-PENA) dan mengeksplorasi tema Social Science dalam karya mereka.

Event yang diikuti oleh 241 tim dari 10 negara—termasuk Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, Iran, Meksiko, Amerika Serikat, Rumania, Vietnam, dan Korea Selatan—ini menuntut peserta untuk bersaing dengan ketat. “Mendapatkan medali perak tidaklah mudah. Kami harus beradaptasi dengan rutinitas perkuliahan dan kegiatan organisasi,” kata Abdillah.

Mereka juga melalui tahapan latihan presentasi dan sesi tanya jawab dalam bahasa Inggris, dibimbing oleh Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (LPKA) Unismuh.

“Kami berterima kasih atas pembinaan dari LPKA Unismuh, dan berharap karya ini bisa bermanfaat bagi banyak orang,” tambah Nurjannah.

Dr. Nenny, ST., MT, IPM, Ketua LPKA Unismuh, menegaskan bahwa keberhasilan ini adalah hasil dari pendampingan yang intensif. “Selamat atas pencapaian ini. Prestasi ini semakin mengharumkan nama Unismuh di tingkat internasional,” ungkapnya, Kamis, 31 Agustus 2023.

Wakil Rektor III Unismuh Makassar, Dr. Muhammad Tahir, M.Si, turut menyampaikan apresiasi.

“Prestasi ini membuktikan bahwa mahasiswa kita bisa bersaing di arena internasional yang sangat kompetitif. Atas nama universitas, kami mengucapkan terima kasih dan selamat,” pungkas Dr. Muhammad Tahir.

Leave a Reply