UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh), Mutmainnah, telah resmi menyandang gelar doktor setelah berhasil mempertahankan disertasinya di Prodi S3 Ilmu Pendidikan, Pascasarjana Universitas Negeri Makassar (UNM). Sidang berlangsung pada Rabu, 16 Agustus 2023, di Lantai 5 PPs UNM.

Disertasinya dengan judul “Pengembangan Modul Pembelajaran Mata Kuliah Statistika Dasar Berbasis Blended Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif” mencuri perhatian banyak pihak.

Dalam sidang promosi, Mutmainnah diuji oleh tim penguji, terdiri dari Prof. Dr. Arismunandar (Anggota/Promotor), Prof. Dr. Anshari (Anggota/Kopromotor), Prof Bakhrani A Rauf (Anggota/Penguji Internal), Prof. Dr. Syukur Saud (Anggota/Penguji Internal), Prof. Dr. Patta Bundu (Anggota/Penguji Internal) dan Prof. Dr. Muhammad Yunus (Anggota/Penguji Eksternal).

Dalam penelitiannya, Mutmainnah menekankan pentingnya modul pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa.

Selama proses penelitian, Mutmainnah menggunakan model ADDIE dan berbagai metode pengumpulan data. Hasilnya menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan mampu memberikan fasilitas bagi mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif mereka dengan lebih efisien.

Profil Mutmainnah

Lahir di Bulete, 12 Januari 1985, Mutmainnah merupakan putri dari Muh. Said Ridwan dan Almarhumah Sunariyah. Tumbuh dalam keluarga harmonis bersama tiga saudara, Rahmawati, Muh. Jumran, dan Nur Aliah, Mutmainnah kini telah membina rumah tangga dengan Hamzah dan dikaruniai tiga anak: Najwa Khaira Qalby H.M, Muhammad Irsyam Qalby H.M, dan Muhammad Yusuf Qalby H.M.

Riwayat pendidikan Mutmainnah dimulai di SDN No.3 Sampano pada 1992. Ia melanjutkan pendidikan di SMP Negeri 24 Makassar, kemudian SMA Negeri Larompong. Mutmainnah meneruskan pendidikan tingginya di Universitas Muhammadiyah Makassar dan kemudian menyelesaikan studi magister dan doktor di Universitas Negeri Makassar.

Dalam perjalanan kariernya, Mutmainnah memulai sebagai guru di SMP Negeri 5 Mariso (2008-2013), lalu menjabat sebagai staf di Universitas Muhammadiyah Makassar (2010-2015). Saat ini, ia aktif sebagai dosen di Universitas Muhammadiyah Makassar dan menjadi bagian dari Tim Asessor PPG Prajabatan di Kemenristedikti sejak 2022.

Leave a Reply