UNISMUH.AC.ID, SINGAPURA – Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Profesi (KKP) Internasional, Rabu, 19 Juli 2023.

Dalam kegiatan tersebut mahasiswa KKP FEB Unismuh mengunjungi salah satu kampus yang ada di Singapura yakni Muhammadiyah Islamic College (MIC). Kegiatan ini diikuti oleh 25 mahasiswa dan 10 dosen pembimbing.Tujuan dari kunjungan tersebut dalam rangka mempererat tali silaturahmi dan juga untukmenjalin kerja sama.

Kampus MIC berdiri pada tanggal 15 April 2000, dikelola dibawah naungan persatuan Muhammadiyah Singapura. Tempat ini juga terletak di 17 lorong 13 geylang, Singapura.

Salah satu dosen MIC Singapore Dr Saifuddin Amin mengatakan bahwa Singapura merupakan Negara yang berukuran sekita 719,1 km, termasuk dengan pulau-pulaunya, dengan jumlah penduduk 5.607,300 orang.

Adapun undang-undang yang mengatur kehidupan kaum muslimin di singapura adalah AMLA (Administration of the Muslim Law Act), yang di atur di antaranya adalah MUIS (Majelis Ulama Islam Singapore), ROM (Registry of Marriages) Dan Mahkama Syariah.

Saifuddin Amin juga menjelaskan bahwa berdirinya Muhammadiyah Singapura digagas oleh tiga serangkai yang berasal dari Sumatera, Indonesia yakni, Rizal Abdullah dari Bukittinggi, Amir Isa dari Padang Kota, dan Abdur Rohman dari Riau.

Pada tanggal 25 Mei 1957 beberapa orang memutuskan untuk mendirikan Muhammadiyah, dan diresmikan pada tanggal 25 Desember 1957.

Adapun Kegiatan yang di lakukan pada saat melakukan kunjungan, dimulai dari sambutan, penayangan video profil MIC, mengadakan sharing seputar islam di Singapura dan perkembangan muhammadiyah di Singapura, sesi tanya jawab sampai dengan serah terima cindera mata.

Dengan diadakannnya kunjungan ini diharapkan dapat menambah wawasan, pengalaman dan perkembangan  mengenai islam di Singapura dan perkembangan muhammadiyah di Singapore serta mengenal lebih dekat MIC.

Selain melakukan kunjungan MIC Singapore, Mahasiswa dan dosen FEB Unismuh  juga mengunjungi beberapa kampus di Malaysia, yaitu Manipal University Internasional,usim, juga Sekolah Indonesia yang ada di Malaysia.

Leave a Reply