UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Sebuah surat keputusan (SK) resmi dirilis oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia dengan Nomor 31100/M/07/2023, memantapkan posisi Dr Sulfasyah, SPd MA, seorang dosen Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, sebagai Guru Besar dalam bidang ilmu Pendidikan Dasar Spesialisasi Bahasa.

Sulfasyah, pemegang gelar doktor dari Edith Cowan University, Perth, Australia Barat yang diraih pada tahun 2013, sebelumnya telah meraih gelar sarjana dari IKIP Ujung Pandang pada tahun 1993 dan gelar master dari Institute of Education, University of London, Inggris pada tahun 1997.

Kerja kerasnya dalam memimpin berbagai penelitian sejak tahun 2000 telah berbuah penghargaan. Mulai dari menjadi Ketua Peneliti dalam Penelitian Dosen Pemula DRPM 2000-2001, hingga kolaborasi pengabdian internasional terkini pada tahun 2023.

Sulfasyah telah mengabdikan diri di Unismuh Makassar sejak tahun 1994. Sepanjang kariernya, ia telah berkontribusi dalam pengajaran berbagai mata kuliah, termasuk Pengembangan Literasi d Sekolah Dasar, Teori Belajar serta Implikasinya di SD, dan Bahasa Inggris.

Selain perannya dalam ruang kuliah, Sulfasyah juga telah memegang berbagai posisi penting dalam pengembangan prodi di Unismuh Makassar, seperti Ketua Task Force Pembukaan Prodi S1 PGSD pada tahun 2006 dan Ketua Prodi S1 Pendidikan Bahasa Inggris pada tahun 2004-2008.

Sulfasyah menjabat Ketua Prodi S1 PGSD Unismuh Makassar pada 2014-2018. Ia juga merupakan Ketua Task Force Pembukaan S2 Pendidikan Dasar (PGSD) Universitas Muhammadiyah Makassar pada 2015. Lalu menjabat Ketua Prodi S2 Pendidikan Dasar Universitas Muhammadiyah Makassar 2017-2022.

Saat ini, ia juga mendapat amanah sebagai Ketua Lembaga Penelitian dan Pengembangan ‘Aisyiyah, PWA Sulawesi Selatan, untuk periode 2022 – 2027.

Dengan kepemimpinan dan dedikasinya yang kuat dalam bidang pendidikan, Sulfasyah telah mampu menciptakan dampak positif bagi komunitas pendidikan secara lebih luas. Kini, sebagai Guru Besar, Sulfasyah siap mengemban misi perubahan lebih besar lagi dalam dunia pendidikan.

Apresiasi Rektor

Rektor Unismuh Makassar Prof Ambo Asse, mengucapkan selamat kepada Sulfasyah atas pencapaiannya sebagai guru besar.

“Alhamdulillah, selamat Bu Sulfasyah. Hal Ini merupakan pengakuan yang amat pantas diberikan kepada seorang akademisi berdedikasi, yang dengan penuh ketekunan menjalankan kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat,” ujar Ambo Asse.

Nakhoda Unismuh ini juga berharap, jejak Sulfasyah dapat diikuti para dosen Unismuh lainnya, khususnya bagi para dosen yang sudah mencapai jabatan fungsional Lektor Kepala.

Leave a Reply