UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar acara “Malebbi” (Malebbi Leaders Bilateral and Boundless Incorporation) 2023. Kegiatan ini merupakan rangkaian acara yang berfokus pada pengembangan jaringan (Networking), Sesi Diskusi (Sharing Session), serta Penandatanganan MoU & MOA.

Acara dihelat di Balai Sidang Unismuh Makassar, Senin – Selasa, 31 Juli – 1 Agustus 2023. Pembukaan digelar Senin Siang, yang diawali dengan penampilan seni Sinrilik Makassar dan Makraga. Kedua penampilan seni tersebut mengundang antusiasme dan tepuk tangan penonton yang hadir di Balai Sidang.

Lalu acara pembukaan dihelat dengan ucapan laporan kegiatan dari Wakil Rektor I Unismuh Dr Abd Rakhim Nanda, sambutan Rektor Unismuh Prof Ambo Asse dan Ketua Badan Pembina Harian Unismuh Prof Gagaring Pagalung.

Dalam laporannya, Wakil Rektor I Unismuh Dr Abd Rakhim Nanda sebagai penanggungjawab acara, menegaskan komitmen Unismuh untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk memfasilitasi kolaborasi antar perguruan tinggi, sebagaimana tercermin dalam kegiatan Malebbi.

Dalam kegiatan ini, penandatanganan MoU bukan hanya antara Unismuh dan lembaga lain, melainkan juga memfasilitasi terjalinnya MoU antara 14 perguruan tinggi dalam negeri dengan 3 lembaga luar negeri.

Rakhim juga menggambarkan profil singkat Unismuh sebagai perguruan tinggi yang memiliki 8 fakultas dan 52 prodi, dengan sekitar 18 ribu mahasiswa. Ia juga menceritakan sejumlah prestasi yang telah dicapai Unismuh, baik pada level nasional maupun internasional.

Sementara itu, Rektor Unismuh Makassar menekankan pentingnya spirit Taawun (saling membantu) dalam memajukan pendidikan di Indonesia.

Selain Malebbi, Unismuh juga telah menggelar Program kolaborasi internasional melalui program MACCA (Makassar Academic and Cultural Heritage Activity), yakni kegiatan pertukaran mahasiswa Internasional.

“Jika Macca untuk mahasiswa, maka Malebbi untuk pimpinan perguruan tinggi. Kegiatan ini disebut Malebbi Leaders 2023, untuk para pemimpin yang terhormat,” ungkap Ambo Asse.

Penandatanganan MoU

Dalam pembukaan ini, dirangkaikan pula dengan penandatanganan beberapa MoU (Memorandum of Understanding) Unismuh Makassar dengan tujuh universitas dalam negeri, dan tiga institusi luar negeri.

Di antara mitra tersebut, terdapat sejumlah Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA) seperti Universitas Muhammadiyah (UM) Bulukumba, UM Enrekang, UM Parepare, dan UM Maluku Utara.

Selain itu, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong dan Universitas Muhammadiyah Bogor Raya juga menjadi mitra penandatangan MoU dengan Unismuh Makassar.

Unismuh juga menjalin kerjasama dengan Universitas Khairun Ternate, Institut Parahikma Indonesia, Institut Teknologi Kesehatan dan Sains Muhammadiyah Sidrap dan Politeknik Bosowa.

Pada level internasional, Unismuh Makassar bekerja sama dengan ALTISSIA 21 Belgia, Community Learning Center di Taiwan, dan Thailand Global Business Administration College.

Kerjasama-kerjasama ini memperkaya Unismuh Makassar dengan sumber daya, pengetahuan, dan keahlian yang beragam, semuanya mendukung misi dan visi institusi.

Setelah Ashar, digelar Sharing Session, yang menghadirkan Mr Patrick Loge (Direktur ASIA), ia membahas “Bahasa Pembelajaran Daring”. Sesi selanjutnya menghadirkan Bambang Nurfauzi (Bakti Jaya Learning Center, Taiwan), yang membahas Peluang dan Tantangan Magang Internasional.

Malebbi hari pertama diakhiri dengan presentasi dari Nico Irawan (Thai Global Business Administration Technological College, Thailand). Ia membahas ‘Magang Global, pra pelayanan, dan tantangan masa depan.

Leave a Reply