UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Majelis Pembinaan Kader dan Sumber Daya Insani (MPKSDI) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah tinggal dua pekan lagi.

Panitia pusat dan panitia penyelenggara mengadakan rapat koordinasi pada Rabu, 12 Juli 2023, di Lantai 17 Menara Iqra Kampus Unismuh Makassar.

Ketua MPKSDI PP Muhammadiyah, Bachtiar Dwi Kurniawan, dan wakil ketua, Latipun, hadir langsung dalam rapat tersebut.

Turut hadir Ketua PWM Sulsel, yang juga merupakan Rektor Unismuh Makassar, Ambo Asse, dan Sekretaris PWM Sulsel, Abd. Rakhim Nanda, yang juga menjabat sebagai ketua panitia pusat.

Rapat tersebut juga dihadiri oleh Wakil Ketua PWM Sulsel yang bertanggung jawab atas MPKSDI, Mawardi Pewangi, Ketua MPKSDI PWM Sulsel, Amir Mr, dan Wakil Rektor 2 Unismuh, Andi Syukri Syamsuri, yang ditunjuk sebagai ketua panitia lokal.

Ketua MPKSDI PP Muhammadiyah, Bachtiar Dwi Kurniawan, mengungkapkan bahwa Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, akan hadir untuk membuka rakernas tersebut. Haedar juga dijadwalkan akan memberikan materi dalam forum tersebut.

“Insya Allah, beliau pasti tiba di Makassar pada tanggal 26 Juli. Pada hari berikutnya, beliau akan membuka acara dan memberikan materi. Beliau sudah menghubungi saya melalui pesan WhatsApp, bertanya tentang waktu pembukaan. Jadi, Insya Allah, Pak Ketum akan hadir,” ujar Bachtiar.

Selain Haedar Nashir, Ketua PP Muhammadiyah, Agung Danarto, juga dijadwalkan hadir. Beberapa perwakilan dari majelis lain yang programnya akan bersinergi dengan MPKSDI juga akan hadir dalam rakernas tersebut.

Sementara itu, Ambo Asse merasa bersyukur atas kepercayaan yang diberikan kepada PWM Sulsel dan Unismuh Makassar. Menurutnya, kepercayaan tersebut menunjukkan perhatian besar Pimpinan Pusat Muhammadiyah terhadap mereka.

Terlebih lagi, setelah terpilih untuk periode kedua, Haedar Nashir telah berkunjung ke Makassar sebanyak tiga kali.

Abd. Rakhim Nanda, sebagai ketua panitia pusat, menegaskan bahwa Universitas Muhammadiyah Makassar siap sepenuhnya menjadi tuan rumah untuk rakernas tersebut.

“Unismuh Makassar sebagai tuan rumah karena ini adalah keputusan yang sudah diambil, maka kami akan sepenuhnya melaksanakannya. PWM Sulsel juga telah menyetujuinya, tanggal 27 Juli,” kata Abd. Rakhim Nanda, Wakil Rektor 1 Unismuh Makassar.

Pembukaan rakernas akan dilaksanakan di Balai Sidang Muktamar Kampus Unismuh Makassar pada Kamis, 27 Juli 2023. Pada siang harinya, rakernas akan dilanjutkan dengan forum di Hotel Aryaduta Makassar.

Selain kegiatan rapat, rencananya rakernas juga akan melaksanakan pelatihan instruktur dan kegiatan outbound di Pantai Bosowa Makassar. Jika pelatihan tersebut terlaksana, rakernas akan ditutup pada hari Ahad, 30 Juli 2023.

Rakhim meminta kepada seluruh panitia untuk mempersiapkan segala hal terkait rakernas. Oleh karena itu, pihaknya telah menyiapkan satu ruangan di Lantai 16 Menara Iqra sebagai sekretariat.

Sementara itu, Andi Syukri Syamsuri, selaku ketua panitia lokal, mengatakan bahwa mereka akan menyediakan penjemputan bagi peserta yang datang dari seluruh provinsi di Indonesia.

“Kami akan menyediakan penjemputan di bandara hingga pukul 12 siang. Selanjutnya, kami akan mengantarkan mereka untuk melakukan registrasi di Kampus Unismuh Makassar,” ujar Andis, sapaan akrab WR II Unismuh Makassar itu.

Ia juga menyampaikan bahwa mereka akan menyediakan tempat penginapan di Kampus Unismuh Makassar bagi peserta dari daerah lain yang datang satu hari sebelum acara dimulai.

Leave a Reply