UNISMUH.AC.ID, JAKARTA – Perpustakaan Nasional (Perpusnas) bersama Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh) menandatangani Nota Kesepahaman Bersama (MoU). Upacara penandatanganan ini diadakan di Aula Perpunas Jakarta, Jumat, 7 Juli 2023.

Kepala Perpusnas RI Muhammad Syarif Bando, dan Wakil Rektor I Unismuh Abd Rakhim Nanda adalah pihak yang secara langsung menandatangani nota tersebut. Kepala UPT Perpustakaan Unismuh, Nursinah, turut hadir mendampingi dalam acara ini.

Bukan hanya dengan Unismuh, Perpusnas juga memperluas kerja samanya dengan penandatanganan MoU bersama sejumlah mitra. Beberapa di antaranya adalah Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia, Universitas Indo Global Mandiri (UIGM), Akademi Bakti Kemanusiaan Palang Merah Indonesia, Politeknik Negeri Bali, Universitas Muhammadiyah Bandung, Institut Agama Islam Yasni Muara Bungo, Universitas Nahdlatul Ulama, Institut Teknologi dan Bisnis Indobaru Nasional, serta STIKes RSPAD Gatot Subroto.

Acara penandatanganan ini turut dirangkaikan dengan peluncuran buku bertajuk “Mastini Hardjoprakoso (Memorial Peletak Fondasi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia)” yang menyoroti kontribusi signifikan Mastini Hardjoprakoso dalam membangun fondasi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Penandatanganan kerjasama ini menegaskan posisi dan peran strategis perpustakaan Unismuh dalam mendukung proses pembelajaran. Perpustakaan Unismuh telah berhasil mencapai prestasi dengan meraih akreditasi A dari Perpusnas, dan kerjasama ini diharapkan dapat memperkuat komitmen mereka dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik.

Ruang lingkup kerjasama antara Perpusnas dan Unismuh meliputi kerjasama dalam pengembangan bahan pustaka dan jasa informasi. Kerja sama itu juga meliputi pengembangan sumber daya perpustakaan, dan pengembangan sumber daya manusia dan teknologi di bidang perpustakaan.

Leave a Reply