UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar mengumumkan masih membuka peluang pendaftaran mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2023/2024.

Menurut Sekretaris Unit Pelaksana Teknis (UPT) Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Unismuh Makassar, Dr Arifin Fattah, pendaftaran masih akan berlangsung hingga 20 Agustus 2023 mendatang.

“Kami mendorong lulusan SMA/SMK/ Aliyah, sekolah Muhammadiyah ataupun yang setara untuk segera mendaftarkan diri di Unismuh Makassar,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa mendaftar sebelum batas waktu dapat memberikan keleluasaan calon mahasiswa dalam memilih program studi, mengingat kuota pendaftaran masih tersedia.

“Dengan total sekitar 52 program studi, kuota yang disiapkan hanya mencapai angka 5000 mahasiswa baru,” terangnya. Pembatasan ini dipertimbangkan berdasarkan rasio mahasiswa dan dosen maupun ketersediaan sarana dan prasarana pembelajaran.

Unismuh Makassar berupaya memastikan agar informasi penerimaan Maba tersampaikan ke publik secara optimal. Tim sosialisasi Unismuh Makassar telah mengunjungi hampir semua SMA/SMK/Aliyah di Makassar, Gowa, serta Takalar.

Fenomena lain, dalam beberapa tahun terakhir, tren pendaftar di Unismuh Makassar mengalami pergeseran. Tak lagi didominasi oleh lulusan dari Sulawesi Selatan.

Dr. Arifin Fatta, Sekretaris PMB Unismuh, menyatakan bahwa saat ini, Unismuh Makassar memiliki total 52 program studi yang terdiri dari 2 program studi D3, 36 program studi S1, 9 program studi S2, 2 program studi S3, dan 2 program pendidikan profesi.

Keberhasilan Unismuh Makassar dalam meningkatkan mutu pendidikan terlihat dari akreditasi yang diperoleh, baik dari BAN-PT maupun lembaga akreditasi mandiri. Dari 52 program studi tersebut, 20 di antaranya telah meraih akreditasi Unggul atau A, 11 meraih akreditasi Baik Sekali, dan 9 raih akreditasi B. Selain itu, terdapat 12 program studi dengan akreditasi Baik.

Arifin tetap optimis jumlah pendaftar akan terus bertambah dari Juli hingga Agustus. Ia berharap jumlah mahasiswa baru Unismuh untuk tahun ajaran 2023/2024 akan mencapai target yang ditetapkan.

Panitia PMB Unismuh Makassar menghimbau calon mahasiswa untuk segera mendaftar sebelum kuota penuh.

“Semakin awal mendaftar, semakin besar peluang mendapatkan program studi yang diinginkan,” tutup Arifin.

Leave a Reply