UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Unismuh Makassar bakal menggelar salat Idul Adha pada Rabu, 28 Juni 2023. Pelataran Kampus Unismuh di Jl Sultan Alauddin Makassar dipastikan akan menjadi tempat salat yang sarat makna dan khidmat.

Diperkirakan ribuan jamaah akan memenuhi pelataran tersebut, datang dari berbagai penjuru kota, termasuk warga Muhammadiyah, Unismuh, serta masyarakat umum Kota Makassar dan Gowa yang dekat dengan kampus Unismuh.

Dalam menyambut kedatangan jamaah yang begitu melimpah, panitia hari besar Islam Unismuh telah bekerja keras beberapa hari sebelumnya. Mereka membersihkan daun-daun yang berguguran dan melakukan pengecatan di area tempat pelaksanaan salat agar jamaah merasa nyaman saat beribadah.

Rizal, salah satu anggota panitia hari besar Islam Unismuh, mengungkapkan bahwa salat Idul Adha pada tahun ini berbeda satu hari dengan keputusan pemerintah. Hal ini dipastikan akan menarik minat jamaah Muslim yang ingin melaksanakan salat Idul Adha pada hari Rabu, 28 Juni 2023. Setidaknya, jumlah jamaah diperkirakan tidak jauh berbeda dengan pelaksanaan salat Idul Fitri yang lalu.

Ketua Pengurus Hari Besar Islam (PHBI) Unismuh, Drs H Kamaruddin Moha, mengajak seluruh umat Muslim yang ingin melaksanakan salat Idul Adha pada tanggal tersebut untuk tak perlu khawatir. Unismuh Makassar telah menyiapkan tempat yang luas dan mampu menampung ribuan jamaah.

Rangkaian salat ini akan dilakukan di pelataran Kampus Unismuh, mulai dari rektorat lama, samping Fakultas Kedokteran, hingga ke belakang gedung Iqra Kampus Unismuh. Jika pelataran kampus tidak mencukupi, terdapat pula masjid Unismuh yang memiliki kapasitas jamaah mencapai 3000 orang.

Tak hanya itu, tim medis dari UMC Unismuh juga hadir untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada jamaah yang membutuhkan. Keberadaan tim medis ini merupakan respons atas masukan yang diterima dari jamaah, yang menyoroti pentingnya kehadiran tim medis dalam setiap perayaan hari besar Islam, baik itu Idul Fitri maupun Idul Adha.

Khatib akan diisi oleh Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel, Prof Ambo Asse, yang juga merupakan Rektor Unismuh Makassar. Sedangkan imam salat adalah Mursalim, S.Pd.I.

Leave a Reply