UNISMUH.AC.ID, BANDUNG – Mahasiswa Komunikasi Unismuh Makasaar kembali mencatat prestasi skala nasional dengan keberhasilan meloloskan dua proposal pada ajang kompetisi seleksi hibah Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) Bidang 8 Kemendikbud 2013 yang diumumkan pekan ketiga Juni 2023.

Demikian ditegaskan Ketua Prodi S1 Ilmu Komunikasi Fisip Unismuh Makassar, Syukri, S.Sos, M.Si kepada media Jumat 16 Juni 2023.

Dijelaskan, kedua proposal yang lolos itu pertama, Fenomena Ngemis Online Di Aplikasi TikTok: Pemanfaatan Media Sosial atau Krisis Identitas? dengan ketua tim, Sabriani.

Anggota tim dari Sabriani ini berasal dari mahasiswa lintas prodi yakni : Sari’ul Fahmiati Fadilah & Hikmah(Ilmu Komunikasi), Agung Febriansyah K (Ilmu Administrasi Negara), Arafi Gunawan (Pendidikan Sosiologi).

Proposal kedua berjudul, Elaborasi Jurnalisme Warga Lontara Terintegrasi Infografis Sebagai Media Pengembangan Literasi Informasi Berbasis Digital dengan ketua tim, Lukman.

Anggota tim, Riri Kurniawan – (Pendidikan Fisika), Sri Wahyuni (Ilmu Pemerintahan)

Ketua tim kedua proposal itu adalah mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2021. Jejak akademik kedua mahasiswa ini sudah sering mengharumkan nama prodi dan universitas pada pentas skala nasional.

Para mahasiswa yang berhasil memenangkan kompetisi hibah ini dianggap representasi kemampuan dan kualitas pendidikan yang diberikan oleh program studi.

PKM merupakan ajang bergengsi memberi kesempatan kepada mahasiswa mengembangkan dan mempresentasikan proyek kreatif dan inovatif mereka.

Hibah yang diberikan kepada mahasiswa terpilih memungkinkan mereka mengimplementasikan proyek tersebut dan menjadikann lebih bermanfaat bagi masyarakat.

Para mahasiswa yang lolos seleksi hibah PKM ini menjadi kebanggaan dan memberi dukungan terhadap capaian prestasi mereka.

“Kami melakukan sosialisasi kepada mahasiswa terkait skema program PKM ini, serta selalu mendorong dan memotivasi para mahasiswa agar aktif berpartisipasi dalam program tersebut” , tegas Syukri.

Dalam upaya mendukung mahasiswa yang telah memperoleh hibah PKM, program studi berjanji akan memberikan bimbingan dan dukungan yang diperlukan.

“Kami juga melakukan pendampingan melalui dosen pembimbing untuk memberikan arahan dalam penyusunan proposal agar dapat memenuhi standar.” lanjutnya.

Prestasi mahasiswa dalam seleksi hibah PKM ini menunjukkan kolaborasi yang positif antara program studi dan mahasiswa.

Lolosnya dua mahasiswa Ilmu komunikasi mendapatkan hibah PKM maka semakin mengokohkan keyakinan semua orang bahwa mahasiswa Ilmu Komunikasi juga mampu bersaing dengan mahasiswa dari seluruh Indonesia.

PKM tidak hanya menjadi ajang menghargai bakat dan inovasi mahasiswa, tetapi juga sebagai wujud nyata kontribusi pendidikan tinggi dalam memajukan masyarakat.

Dukungan dan kerjasama antara program studi dan mahasiswa, diharap prestasi dalam PKM ini dapat meningkatkan reputasi dan kualitas pendidikan di perguruan tinggi. 

Laporan: Nurhikma Ramadhani
Aktifis Lembaga Pers Mahasiswa IKOMPOST Prodi Ilmu Komunikasi Fisip Unismuh Makassar

Leave a Reply