UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh) kembali mencatatkan prestasi gemilang di dunia pendidikan tinggi. Kali ini, Dr. Nurlina Subair M.Si, seorang Dosen Pendidikan Sosiologi di Unismuh, telah resmi meraih kenaikan jabatan fungsional sebagai Guru Besar. Pengangkatan ini tercatat dalam Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim Nomor 26318/M/07/2023 tanggal 22 Mei 2023.

Nurlina Subair telah berkontribusi secara signifikan di bidang pendidikan dan penelitian selama bertahun-tahun. Sejak tahun 1989, Nurlina telah aktif sebagai Dosen DPK LLDIKTI Wilayah IX.

Ia memperoleh gelar Sarjana dari Universitas Hasanuddin pada tahun 1986 dan melanjutkan studi Magister Sosiologi di universitas yang sama pada tahun 2002. Pada tahun 2012, ia berhasil meraih gelar Doktor Sosiologi dari Universitas Negeri Makassar. Nurlina juga pernah mengikuti kursus singkat di Universitas New Castle, Australia, pada tahun 2009-2010.

Keahlian dan dedikasi Nurlina di bidang sosial tercermin dalam karya-karyanya. Ia telah menulis beberapa buku, antara lain “Strategi Bertahan Hidup Perempuan Kepala Rumah Tangga Miskin”, “Pergulatan Hidup Perempuan”, “Dinamika Sosial Masyarakat Urban”, dan “Perubahan Sosial: Antara Keniscayaan, Mitos, Revolusi Mental, dan Pandemi Covid-19”.

Selain itu, ia juga telah menerbitkan artikel-artikel jurnal yang relevan, seperti “Young Women Knowledge and Interest in Early Detection of Breast Cancer in Junior High Schools, Indonesia”, “Factor That Motivate Mappakasunggu Women of Seaweed Farmer to Develop a Family Economic Survival Strategy”, “Description of Female Student Knowledge about The Early Detection of Breast Cancer in Bulukumba 10th Middle school”, dan “Faktor Penyebab Rendahnya Jumlah Pria dalam Mendukung Penggunaan Alat Kontrasepsi”.

Selain berprestasi di bidang akademik, Nurlina juga terlibat aktif dalam berbagai kegiatan sosial. Sejak tahun 2013, ia menjabat sebagai Ketua Makassar Cancer Care Community (MCCC). Peran ini berawal dari pengalaman pribadinya sebagai penyintas kanker.

Melalui MCCC, Nurlina memberikan dukungan dan motivasi kepada pasien kanker serta berperan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pencegahan dan penanggulangan kanker. Keterlibatannya di MCCC juga mengantarkannya menjadi undangan dalam Master Course yang diselenggarakan oleh UICC (Union for International Cancer Control) di bawah koordinasi WHO.

Ucapan Selamat Rektor

Rektor Universitas Muhammadiyah Makassar, Prof. Ambo Asse, turut memberikan ucapan selamat kepada Nurlina Subair atas pencapaiannya dalam meraih kenaikan jabatan fungsional sebagai Guru Besar. Nakhoda Unismuh ini menyampaikan kebanggaannya terhadap prestasi yang diraih oleh Nurlina dan mengapresiasi dedikasinya dalam dunia pendidikan dan penelitian.

“Selamat kepada Ibu Nurlina Subair atas kenaikan jabatan fungsional sebagai Guru Besar. Prestasi ini merupakan hasil dari kerja keras, komitmen, dan dedikasi yang luar biasa dalam mengembangkan bidang pendidikan dan penelitian. Semoga dengan kenaikan jabatan ini, Prof Nurlina dapat terus memberikan kontribusi yang berarti dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan memotivasi dosen lainnya agar bisa mencapai guru besar pula,” ujar Prof Ambo Asse, Rabu, 14 Juni 2023 di Kampus Unismuh Makassar.

Nurlina merupakan Guru Besar ke-16 di Unismuh Makassar. Sementara di Prodi Pendidikan Sosiologi Unismuh, ia merupakan Profesor ketiga.

“Kami keluarga besar Prodi Pendidikan Sosiologi Unismuh Makassar mengucapkan selamat dan sukses atas pencapaian ini, semoga kenaikan jabatan ini menjadi motivasi bagi kami semua untuk terus berprestasi dalam dunia pendidikan dan penelitian,” ungkap Dr Jamaluddin Arifin, Ketua Prodi Pendidikan Sosiologi Unismuh, yang saat ini telah meraih akreditasi A.

Leave a Reply