UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Kurun waktu empat tahun terakhir mulai 2019 penerimaan mahasiswa baru Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar mengalami peningkatan pesat.

Tahun akademik 2019 boleh dibilang masa krisis prodi ilmu komunikasi karena peminat mahasiswanya hanya 20 orang.

Kondisi demikian sangat dipengaruhi oleh status akreditasi kala itu selaku prodi baru dengan status C. Arus balik terjadi saat prodi ini tahun 2020 meraih akreditasi nilai B dari BAN-PT, peminat mahasiswa langsung meningkat jadi 81 orang.

Demikian ditegaskan Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Unismuh Makassar, Syukri SSos MSi, kepada media di ruang kerjanya, Kamis, sore 25 Mei 2023 di Lt.5 Fisip Gedung Iqra Unismuh Makassar.

Dijelaskan, tahun akademik 2021 mahasiswa baru yang mendaftar kembali meningkat dengan jumlah 101 orang dan tahun berikutnya 2022 jumlah mahasiswa baru kembali kurvanya semakin meningkat menjadi 122 orang.

Peningkatan mahasiswa baru yang sangat signifikan itu dalam empat tahun terakhir tidak terlepas dari promosi dan sosialisasi yang gencar dilakukan universitas dengan melakukan kunjungan ke SLTA yang ada di Sulawesi Selatan.

Selain itu, dalam beberapa tahun terakhir pihak Unismuh mengundang para kepala SLTA se-Sulsel hadir pada saat peluncuran penerimaan mahasiswa baru serta promosi secara massif lewat media sosial dan media massa.

Mahasiswa yang memilih prodi ilmu komunikasi bukan sekedar memilih – memilih saja, tetapi kebanyakan calon mahasiswa baru itu  melihat promosi dan sosialisasi melalui media sosial dan media massa, seperti; website Unismuh, youtube, instagram, tiktok dan lain-lain, tentu juga  melihat kualitas unggul para mahasiswa Ilmu Komunikasi.

Prodi Ilmu komunikasi juga telah membuat akun pada platfon media sosial  seperti di facebook, youtube, instagram, tiktok dan juga instagram agar pesan tentang prodi ilmu komunikasi dapat dijangkau semua kalangan. Saat ini era digital juga manfaatkan konten  kreator untuk mempromosikan prodi ilmu komunikasi.

Strategi dilakukan prodi menjaring mahasiswa baru sebanyak mungkin dengan kerja keras meraih akreditasi nilai B dari BAN-PT, membenahi segi SDM dan saat ini kondisinya baru ada 1 doktor dari 11  dosen, 3 dosen calon doktor.

“Selain peningkatan kualitas SDM, hal sangat penting juga harus secepatnya dibenahi adalah sarana dan prasarana prodi, mulai dari perpustakaan, dan laboratorium komunikasi yang represntatif,” tandas Syukri.

Pihak jurusan prodi komunikasi menjalin kerjasama antara SLTA dan kampus lain. Mendorong pihak mahasiswa meningkatkan prestasi, mulai dari lomba skala Nasional, Internasional dan juga mengikut sertakan 8 DKP Kampus Merdeka. Karena hal tersebut merupakan salah satu cara meningkatkan akreditas jurusan.

Setiap saat prodi ilmu komunikasi mendorong mahasiswa mengikutsertakan lomba dari Kampus Merdeka, selain mendapat pembelajaran, pengalaman dan juga mendapat poin dan koin seperti dana insentif uang saku, beasiswa dan banyak lagi karena itu hak mahasiswa, katanya.

Saat ini sedang pembukaan pendaftaran mahasiswa baru 2023 hingga hari ini Kamis 25 Mei 2023,  sudah ada 70 calon mahasiswa baru yang telah mendaftar dan yang sudah registrasi ulang sejumlah  7 orang yang terdata.

Di tahun 2023 ini diharapkan peningkatan mahasiswa baru semakin lebih pesat lagi  dari tahun kemarin, bukan hanya mahasiswa baru  tetapi juga dari juga peningkatan sarana dan prasarana prodi, tegasnya. 

Prodi  ilmu komunikasi walau pendatang baru sejak 2015, tetapi  cukup banyak prestasi-prestasi yang diukir para  mahasiswanya, seperti duta kampus se-Unismuh juara satu, juara 1 lomba karya tulis ilmiah se-Indonesia di Mataram.

Juara nasional karya tulis ilmiyah yang dilaksanakan di Unismuh bersaing dengan perguruan tinggi negri seperti UGM, dan juga dapat harapan 1 non akademik hibah kunjungan berbagai negara.***

Citizen Reporter

Laporan: Mutiara Putri Maharani

Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara FISIP Unismuh Makassar

Leave a Reply