UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Dosen Program Studi Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Program Pascasarjana Dr Siti Suwadah Rimang SPd., MHum dan Dosen Prodi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Makassar Dr Syamsia, SP, MSi melakukan kegiatan pengabdian masyarakat kolaborasi Internasional dengan Sekolah Indonesia Den Haag (SDIH).

Tim Pengabdian Kolaborasi Internasional Unismuh Makassar diterima oleh Herman Tahir, SPd, MPd selaku Kepala Sekolah Indonesia Den Haag di ruangan kepala sekolah.

Mitra sasaran kegiatan pengabdian ini adalah siswa SIDH yang terdiri atas Siswa Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas.

Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan di ruangan kelas dan di halaman sekolah. Tema kegiatan pengabdian adalah Sekolah ramah anak dan pemanfaatan kebun sekolah sebagai media pembelajaran IPA bagi siswa Sekolah Dasar SIDH. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari, dari tanggal 18 -19 Mei 2023.

Dr Siti Suwadah Rimang selaku Dosen Pascasarjana Unismuh Makassar mengatakan bahwa Sekolah ramah anak yang diterapkan meliputi kebijakan Pendidik dan tenaga kependidikan terlatih, pelaksanaan proses belajar yang ramah anak.

“Adanya penerapan disiplin tanpa kekerasaan, sarana dan prasarana yang ramah anak, serta adanya partispasi orangtua,” ungkapnya.

Ditambahkan juga bahwa sekolah ramah anak ini diharapkan mampu membuka cakrawala kita dalam mengeksplorasi rasa nyaman, tenang, ramah, aman, bersih dan asri.

“Sehingga, dapat mencegah terjadinya kekerasan terhadap anak dan warga sekolah lainnya,” pungkasnya.

Sementara itu, Dr Syamsia SP, MSi menyampaikan bahwa Belajar tentang lingkungan dengan memanfaatkan kebun sekolah memberikan suasana yang lebih menarik bagi siswa.

“Menghindarkan siswa dari proses pembelajaran yang membosankan karena siswa tidak hanya membayangkan materi yang dijelaskan oleh guru tetapi melihat secara langsung objek yang dipelajari,” ungkapnya.

Dr Syamsiah menambahkan bahwa ucapan terima kasih, kami ucapkan kepada Universitas Muhammadiyah Makassar yang telah mendanai kegiatan ini melalui LP3M Unismuh Makassar (Lembaga Penelitian Pengembangan dan Pengabdian kepada Masyarakat) hibah pengabdian kolaborasi Internasional, dan LPBKUI (Lembaga Pengembangan Bahasa, Kerjasama, dan Urusan Internasional) serta Kepala Sekolah SIDH yang telah membantu kelancaran pelaksanaan kegiatan pengabdian ini.

Leave a Reply