UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Fajar Eko Purnomo, mahasiswa Prodi D3 Perpajakan Universitas Muhammadiyah. (Unismuh) Makassar terpilih sebagai salah satu peserta mewakili Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IX (LLDIKTI IX) pada Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) tingkat nasional. Pilmapres merupakan kompetisi yang diadakan setiap tahun oleh Pusat Prestasi Nasional di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Sebelum mengikuti ajang ini, Fajar dan para mahasiswa Unismuh yang mengikuti ajang tersebut, telah mendapatkan pendampingan dari Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (LPKA) hingga tahap pengiriman berkas.

Menurut Ketua LPKA Unismuh Dr Nenny, kriteria penilaian peserta Pilmapres meliputi capaian prestasi, gagasan kreatif, dan artikel yang disampaikan. Seleksi dilakukan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi serta LLDIKTI Wilayah IX.

Sebanyak 32 peserta mengikuti seleksi awal dengan mengirimkan berkas pemberkasan dan gagasan kreatif beserta capaian unggulan. Dari jumlah tersebut, 13 peserta dari perguruan tinggi negeri dan swasta berhasil lolos seleksi dan melanjutkan ke tahap seleksi langsung yang dilaksanakan oleh LLDIKTI IX.

Setelah melalui proses seleksi, Fajar dan delegasi lainnya berhasil terpilih sebagai salah satu delegasi LLDIKTI IX untuk melanjutkan ke tahap nasional. Wakil Rektor III Unismuh, Dr. Muhammad Tahir, berharap keberhasilan Fajar dalam Pilmapres dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya dan membawa kebanggaan bagi Unismuh dalam ajang nasional.

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi merupakan kompetisi yang bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada mahasiswa terbaik yang memiliki potensi sebagai agen perubahan dalam membangun Indonesia yang lebih baik. Melalui peran mereka sebagai mahasiswa berprestasi, diharapkan mereka dapat memberikan kontribusi positif dalam pembangunanĀ bangsa.

***

Leave a Reply