UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Sosialisasi dan Promosi Unismuh Makassar kepada siswa SMAN 11 Makassar setiap saat dilakukan terutama bagi para kelas 3 yang akan melanjutkan jenjang pendidikan ke perguruan tinggi.

Pengenalan kampus dilakukan dengan memberi info tentang program studi yang ditawarkan, prospek kerja serta status akreditasi dari BAN-PT dan lembaga akreditasi mandiri.

Demikian ditegaskan Kepala SMAN 11 Makassar Nuraliyah, S.Pd,M.Pd kepada media Kamis sore 4 Mei 2023.

Dijelaskan, selama ini para siswa prioritas pertama adalah mendaftar pada seleksi penerimaan mahasiswa baru pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN), mengingat daya tampung PTN relatif terbatas dibanding lulusan SLTA setiap tahun maka alterntif lanjut kuliah ke Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Para siswa yang akan lanjut studi ke perguruan tinggi, senantiasa didorong dan dimotivasi ikut tes pada penerimaan PTN, jika kemudian tidak sempat tertampung di kamous negeri maka alternatif pertama pilihan siswa diarahkan untuk memilih prodi yang ditawatkan di Unismuh Makassar, kata Magister Pendidikan Biologi PPs-UNM ini.

Pengenalan Unismuh biasanya dilakukan saat upacara atau pertemuan lainnya di sekolah. Selain itu para guru juga mengingatkan dan memberi informasi tentang Unismuh apalagi ada beberapa guru adalah alumni Unismuh Makassar.

Unismuh Makassar hari ini telah mengalami perkembangan dan pertumbuhan yang sangat luar biasa dari progra studi yang dibina sebanyak 50 lebih mulai dari jenjang D4, S1, S2 dan S3, ungkap Bendahara Pengurus MKKS SMA-MA Kota Makassar 2023-2026 ini.

Selain prodi banyak pilihan, sisi lain yang menjadi daya tarik adalah kualitas pembelajaran semakin baik dan hal ini dapat terbaca dari capaian akreditasi prodi ada yang nilai A dan Unggul, tandas Kepala SMK Mega Rezky pada masanya ini.

Kualitas jenjang pendidikan para dosen juga semakin lebih bagus dengan kehadiran para dosen dengan pendidikan S3 serta beberapa yang juga sudah meraih jabatan fungsional Guru Besar, ungkap Alumni STKIP Muhammadiyah Bulukumba ini.

Daya tarik lainnya adalah sarana dan prasarana kampus dengan bangunan bertingkat mencapai 18 lantai dan sarana lainnya termasuk masjid yang cukup megah di dalam kampus, kata wanita kelahiran Bulukumba ini.

Saat ini ada 1116 jumlah siswa menyebar pada kelas 1-3 dengan dua jurusan IPA dan IPS. Tenaga guru dan pegawai berjumlah 86 orang sebanyak 46 status ASN serta sisanya adalah P3K dan guru honorer dan pegawai.

Tahun ajaran 2023 ada sebanyak 345 siswa yang telah mengikuti ujian akhir sekolah dan ada 38 siswa yang lulus perguruan tinggi negeri lewat jalur undangan.

 ***

Leave a Reply