UNISMUH.ACI.ID, PINRANG– Universitas Muhammadiyah (Unismuh) makassar menggelar kegiatan Pengabdian Masyarakat Kalaborasi (PKM) Internasional, kampung muallaf Kabupaten Pinrang, Kegiatan Pengabdian tersebut digelar selama dua hari dari tanggal 27 sampai dengan 28 April 2023.

Adapun Tim PKM Kalaborasi Internasional yakni Dr Ferdinan, SPdI MPdI, Ardi Rumallang SP MM, Nurhidayah M, SPdI, MPd.aI, Lukman Abd Samad Lc.

Dalam kegiatan tersebut Ketua Tim Dr Ferdinan MPdI mengatakan bahwa Kegiatan tersebut merupakan keberlanjutan kegiatan pembinaan dan pendampingan bagi masyarakat kampung Muallaf.

“Kalau yang sebelumnya yang dilakukan fokus pada pembinaan keagamaan, sedangkan tahapan ini fokus pada pendampingan dibidang pertanian.
Adapun alasannya kenapa dilakukan berkaitan dgn pertanian,” ungkapnya.

Lebih Lanjut Ferdian menambahkan bahwa karena masyarakat kampung Muallaf memiliki lahan pertanian yang sangat subur namun belum dikelolaidgn alasan belum ada pengetahuan.

“Sehingga, harapannya dengan diadakannya pendampingan ini masyarakat kampung Muallaf memiliki pengetahuan bertani dan dapat merubah gaya hidupnya yang lebih terarah dan menuai mamfaat,” tambahnya.

Ferdian pun menuturkan bahwa Insya Allah ditahapa selanjutnya kami fokus dan mengusahakan agar dialokasi tersebut sudah tersedia sarana Pendidikan Formal khususnya tingkatan SMA Sederajat, agar anak-anak yang berada dikampung Muallaf bisa melanjutkan pendidikannya.

Adapun anggota Tim PKM yaitu Ardi Rumallang SP MM selaku dosen Fakultas Pertanian mengungkapkan bahwa Adapun PKM yang dilakukan dibidang pertanian, yaitu Penyuluhan Pembuatan Pupuk Kompos dan tata cara penanaman tanaman jangka pendek dan jangka panjang, Pembagian bibit Sayuran, Pendampingan praktek langsung tatacara menanam beberapa jenis sayuran.

“Selain itu, Unismuh Makassar turut membantu masyarakat kampung muallaf dengan memberikan berbagai bibit sayuran, peralatan sholat seperti baju gamis dan mukenah, buku tuntunan ibadah praktis,” ungkapnya.

Sementara itu, Hasbullah yang merupakan salah satu tokoh masyarakat kampung mullaf menjelaskan bahwa bantuan pendampingan dan bemberian berbagai bibit sayuran yang di berikan oleh Unismuh Makassar.

” Ini sangat bermanfaat bagi masyarakat kampung muallaf dan kami sangat berterima kasih kepada Unismuh Makassar yang turut membantu dalam mengembangkan kampung muallaf baik dari segi kegiatan keagamaan pendidikan maupun dari segi pertanian.

**

Leave a Reply