UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar audit internal dokumen sertifikasi ISO 21001:2018 di Gedung Balai Sidang Muktamar Kampus Unismih Makassar, (Senin – Rabu), 3 hingga 5 April 2023.

Untuk  memantapkan kegiatan pelaporan dokumen sertifikasi ISO 21001:2018, Unismuh Makassar menghadirkan tim ahli Penjaminan Mutu Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, yakni Dr Nur Yakin dan Dr Megawati.

Kegiatan ini selama tiga hari akan melakukan pendampingan dan pembimbingan kepada tim auditor dan auditee sertifikasi ISO 21001:2018 Unismuh Makassar.

Kegiatan ini dibuka Rektor Unismuh Makassar Prof  Ambo Asse, juga hadir Ketua Badan Pembina Harian  (BPH) Prof Gagaring Pagalung, para wakil rektor, Direktur Pascasarjana, dekan, wakil dekan, GKM, biro, lembaga dan para kepala bagian.

Prof Ambo Asse dalam kesempatan ini terus memberikan support kepada tim auditor maupun auditee untuk lebih bersemangat melengkapi dokumen dalam rangka untuk mendukung sertifikasi  ISO 22001:2018 Unismuh.

Dikatakan bilamana dalam kegiatan auditor internal ini masih ada dokumen yang  belum sempurna maka dapat disampaikan secara terbuka. Tentu yang diharapkan pula oleh rektor adalah kerjasama antara auditor dan auditee.

“Kerjasama antara auditor dengan auditee sangat penting sehingga kalau masih ada kekurangan maka masih bisa disempurnakan,” jelas Prof Ambo.

Karena itu, Prof Ambo Asse dengan pendampingan serta bimbingan dari tim ahli Penjaminan Mutu Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah  yang dilakukan selama tiga hari ini dokumen sertifikasi ISO 21001:2018 dapat segera rampung sebelum pelaksnaan audit eksternal.

Sebelum acara dibuka oleh rektor diawali pengajian oleh Wakil Rektor IV Dr Mawardi Pewangi. Mawardi Pewangi dalam pengajiannya menjelaskan karakteristik Islam Berkemajuan.

Dikatakan salah satu karakteristik Islam berkemajuan yang dipahami Muhammadiyah, yakni tauhid yang mencerdaskan, tauhid yang menggerakkan atau yang dinamis serta tauhid yang memberdayakan.

Mawardi mengatakan bagaimana dengan aktivitas kehidupan orang yang beriman, yakni diucapkan dalam lafal dan dibenarkan oleh hati serta dikerjakan.

Ia juga mengatakan bahwa orang beriman itu adalah mencintai Allah dari segala-galanya dan sebagai buktinya menjalankan perintah segala yang diridhoinya.

Kemudian aplikasi tauhid dalam kehidupan pertama memiliki sifat atau etos kerja yg tinggi serta penuh optimisme.

Kedua, disiplin waktu dalam segala aktifitasnya serta ketiga, produktif dalam segala perbuatannya  yg bermanfaat.

Sementara itu  Ketua BPH Prof Gagaring Pagalung dalam sambutannya, berharap agar penjaminan mutu lebih baik, sehingga bisa mendapatkan sasaran jangka pendeknya yakni mendapatkan akreditasi unggul dalam institusi.

Dikatakan Prof Gagaring, apa tujuan internal audit dokumen sertifikasi ISO 21001:2018 Unismuh, yakni  menjamin instrumen yang yg ada ISO 21001:2017, yakni pertama, definisi, kedua recognisi serta ketiga diukur baik secara kualitatif maupun kuantitatif.

“Kalau kita sudah mencapai ini maka Insyaallah AIPT akan unggul,” ujar Prof Gagaring yakin.

Leave a Reply