UNISMUH.AC.ID, MAKASSAR – Universitas Muhammadiyah Makassar (Unismuh Makassar) menggelar Wisuda Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana yang ke-78 di Balai Sidang Muktamar Ke-48, Kampus Unismuh Makassar, Jl Sultan Alauddin, Kamis, 16 Maret 2023.

Mahasiswa Program Pascasarjana Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia Nur Hidayah Rusli menjadi salah satu dari dua wisudawati terbaik tingkat universitas dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,87.

Kegiatan tersebut berlangsung di Balai Sidang Muktamar ke-48, Kampus Unismuh Makassar, Jl Sultan Alauddin, Kamis, 16 Maret 2023.

Nur Hidayah mengungkapkan bahwa ia sangat bersyukur kepada Allah atas apa yang telah dicapainya saat ini.

“Jika bukan karena rahmat dari Allah maka saya tidak akan bisa sampai seperti ini. Saya yakin bahwa usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil,” ungkap mahasiswi kelahiran Selayar ini.

Ia juga mengungkapkan, apa yang telah dicapainya ini tidak lepas dari dukungan ayahnya H Muhammad Rusli SPd MM, Ibunya Hj Rabianti SPd MM serta Saudaranya Nur Rahmah Rusli SKed dan Nur Rahmi Rusli SPd.

“Setiap kali saya lelah akan tugas-tugas yang banyak maka keluarga saya akan selalu memberikan saya support dan semangat,” jelas peraih mahasiswa terbaik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) pada wisuda yang ke-73.

Hidayah menjelaskan bahwa selama ia menjadi mahasiswa banyak dinamika yang telah ia lalui.

“Banyak dinamika yang telah saya lalui, misalnya saat saya kuliah S2 ini, kuliah secara online dan mengabdi di SMKN 6 Selayar pulau terpencil dengan akses jaringan yang masih terbatas bernama pulau Kalaotoa tepatnya di desa Lembang Mate’ne,” ungkapnya.

Mahasiswa kelahiran 1998 ini mengungkapkan pengalamannya saat kuliah online di pulau terpencil yang ada di Selayar.

“Saat itu saya berkuliah bahkan harus mencari tempat yang tinggi untuk mendapakan jaringan sehingga bisa mengakses ruang kuliah dalam jaringan (daring),” tuturnya.

Riwayat Pendidikan

Nur Hidayah menempuh pendidikannya di TK Aisyiyah Bustanul Atfal Palemba tahun 2003, SDN Palemba tahun 2004-2006, SD Inpres Benteng II Selayar tahun 2006-2010, SMP/MTS Sederajat Pesatren Al-Qur’an Babussalam Al-Muchtariyah tahun 2010-2013, dan SMA Negeri 1 Selayar tahun 2013-2016.

Kemudian ia melanjutkan pendidikan Sarjananya di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan Magisternya di Program Pascasarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Unismuh Makassar.

Sebelumnya, Hidayah mengungkapkan bahwa ia juga pernah lulus tes di Universitas Negri Makassar jurusan Sastra Indonesia nonkependidikan tetapi ia lebih memilih untuk menempuh pendidikan di Unismuh Makassar dengan mengambil jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

“Saya pernah lulus di jurusan Sastra Indonesia UNM tapi karena orangtua ingin saya menjadi guru jadi saya lebih memilih lanjut di Unismuh Makassar,” tuturnya.

Riwayat Organisasi

Nur Hidayah juga sangat aktif dalam berorganisasi dalam Kampus Unismuh di antaranya Pimpinan Komisariat (Pikom) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) FKIP Unismuh Makassar, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unismuh Makassar, Badan Eksekutif Mahaiswa (BEM) FKIP Unismuh Makassar, dan Ketua Umum Pimpinan Cabang IMM Kabupaten Kepulauan Selayar.

Adapun jenjang kekaderan Nur Hidayah di ortom muhammadiyah yaitu Darul Arqam Dasar (DAD) Pikom IMM FKIP Unismuh Makassar, Darul Arqam Madya Nasional (DAM) Pimpinan Cabang IMM Solo, Pelatihan Instruktur Dasar sel-Sulselbar (PID) PC IMM Pare-Pare, Pelatihan Instruktur Madya Nasional (PIM) DPD IMM Jawa Timur, dan Pendidikan Khusus Immawati 2.

Ia juga mengungkapkan bahwa organisasi sangatlah penting selama menjadi mahasiswa karena pembelajaran tidak hanya bisa didapatkan melalui bangku perkuliahan tetapi juga melalui jalur organisasi.

Hidayah juga menjelaskan bahwa untuk menyeimbangkan antara organisasi dan akademik cukup sulit terutama karena saat ini ia sedang mengemban amanah menjadi Ketua Umum PC IMM Selayar.

Pengalaman dan Publikasi Internasional

Selain aktif berorganisasi, Nur Hidayah juga memiliki beberapa prestasi akademik diantaranya Pemakalah I Seminar Internasional Riksa Bahasa di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung tahun 2019 yang meraih serifikat Internasional.

Kemudian pada tahun 2021, ia menjadi Wisudawati Berprestasi FKIP Unismuh Makassar Ke-73 dan meraih SK dan Piagam Wisudawati Berprestasi.

Selanjutnya, tahun 2023 Hidayah meraih Sertifikat dan Publikasi Terindeks International Copernicus di International Conference Social Science (ICSS).

Selain Nur Hidayah, ada juga beberapa orang yang meraih wisudawan dan wisudawati berprestasi tingkat fakultas diantaranya dari FKIP Riska Awaliyah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Kasriani, Fakultas Pertanian Jufina Mumtihani, Fakultas Agama Islam (FAI) Rahmat Justan, Fakultas Teknik (FT) Irlan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Muh Fauzi Muflih, Fakultas Kedokteran (FK) Wildan Dwi Aryuni.

Leave a Reply